PENGARUH CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DENGAN PERSEPSI NILAI SEBAGAI MODERASI

Authors

  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim
  • Rizky Rama Setyaky Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.25273/capital.v5i1.10307

Keywords:

Celebrity endorse, Persepsi nilai, Keputusan pembelian

Abstract

Abstrak: Globalisasi mendorong persaingan bisnis menjadi semakin beragam. Produsen dituntut untuk
mengembangkan sistem pemasarannya supaya dapat meningkatkan tingkat pembelian konsumen terhadap
produk yang dipasarkan. Selebriti merupakan salah satu media yang biasa digunakan perusahaan untuk
memasarkan suatu produk. Cara endorsement seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak persepsi
nilai pada produk, dimana point persepsi nilai dapat memberi anggapan produk terlihat mempunyai nilai
lebih tinggi sehingga menambah minat beli konsumen. Metode dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan teknik survei, dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada 102 mahasiswa
pengguna smartphone Oppo di Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang. Hasil
menunjukkan bahwa celebrity endorse berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian
namun persepsi nilai berpengaruh positif tidak signifikan dalam memperkuat celebrity endorse terhadap
keputusan pembelian smartphone oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-29

Issue

Section

Articles