KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM PERCEPATAN PENCEGAHAN STUNTING

Zulin Nurchayati, Alfiana Yuniar Rahmawati

Abstract


Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 HPK atau Hari Pertama Kehidupan. Di Indonesia, prevalensi stunting menjadi masalah bersama yang harus segera ditangani secara spesifik. Masalah stunting dapat menimbulkan dampak jangka panjang seperti penurunan kemampuan kognitif dan daya tangkap, peningkatan resiko terkena penyakit menular hingga menurunkan produktivitas. Salah satu strategi untuk menurunkan stunting adalah dengan melakukan Komunikasi Antar Pribadi. Metode KAP bertujuan untuk menyusun pesan kunci, pendekatan komunikasi, dan saluran komunikasi yang efektif sebagai pola komunikasi yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbasis penyuluhan kepada ibu-ibu PKK dan Kader posyandu yang ada di Desa Bacem dan Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan adalah metode luring (Offline/tatap muka). Kegiatan ini bermanfaat untuk mengedukasi ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu sesuai dengan kebutuhan kelompok sasaran dengan mengedepankan konteks budaya dan kearifan lokal untuk mempercepat pencegahan stunting.


Keywords


Komunikasi Antar Pribadi; Pencegahan Stunting; Penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Aisah Nur Ana Bilah, Hario Megatsari, S. S. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS DAN PENDAMPINGAN KADER POSYANDU PADA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(3).

Dani Kurniawan. (2018). KOMUNIKASI MODEL LASWELL DAN STIMULUS-ORGANISM_RESPONSE DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1).

Etik Sulistyorini, Palupi, F. H., & Fauziah, A. N. (2024). Implementasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Oleh Kader Posyandu Sebagai Upaya Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial untuk Pencegahan Stunting. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 9(1), 48–54.

Fairuz Raniah Adiba Putri dan Syafrudin Pohan. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK KADER POSYANDU PUSKESMAS PB SELAYANG II DALAM PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 543–550.

Hafsah Juni Batubara, Lahmuddin Lubis, F. H. (2017). PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI ISLAM DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM KB DI RANTAU PRAPAT KEC. RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU. Jurnal Komunikasi Islam, 2(2).

Ipah Ema Jumiati, R. A. (2023). Strategi Komunikasi Kader Posyandu Sebagai Upaya Perubahan Perilaku Keluarga (Ibu) dalam Penurunan Stunting di Desa Ramaya Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).

Maria Victoria Awi, Norma Mawengkang, A. G. (2016). PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENCIPTAKAN HARMONISASI KELUARGA DI DESA KIMAAM KABUPATEN MERAUKE. E-Jurnal “Acta Diurna,” 5(2).

Rahayu Handonowati, Made Wilantara, N. E. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KADER PERWANASKABUPATEN TANGERANG DALAM PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(2), 50–58.

Syarifah Liza Munira. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

Yossy Utario, Y. S. (2020). Aplikasi Offline Stunting Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kader Posyandu Di Puskesmas Perumnas Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 1, 25–30.


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v3i1.20640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zulin Nurchayati, Alfiana Yuniar Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id