Teknik Penulisan dan Publikasi Ilmiah dalam Rangka Pengembangan Profesi Berkelanjutan PGRI Kota Madiun

Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan latihan bagi KKG mitra yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal nasional. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kota Madiun  selama 3 hari, dengan materi tentang Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pengabdian ini KKG dapat menyusun dan memperbaiki kerangka artikel yang mereka punya setelah dibekali dengan pengetahuan teknis maupun teoretis mengenai cara menulis artikel untuk diterbitkan di jurnal nasional. Hasil pengembangan tulisan peserta dikirim ke email para penyaji untuk dikonsultasikan kembali sebelum peserta mengirimnya ke jurnal tujuan. Rekomendasi kegiatan ini perlu ada kelanjutan program serupa di Magetan karena berdasarkan informasi dari peserta, masih banyak para pendidik yang belum berkesempatan mendapatkan pelatihan menulis artikel ilmiah di daerah Kota Madiun, serta perlu tambahan waktu untuk bimbingan secara lebih intensif.

Keywords


Penulisan; Publikasi; Penelitian

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa Depan). Edutech, 2013; 1(3): 132-155.

Farhana, H., Awiria., & Muttaqien, N. Penelitian Tindakan Kelas. Serang: HC Publisher. 2019.

Dharma, S. Tantangan Guru Abad XXI: Menggenjot Mutu PTK Dikmen. Media Informasi dan Komunikasi PTK Pendidikan Menengah: PTK Dikmen. 2012.

Djamarah, S.B. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Hoesny, M.U & Darmayanti, R. Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2021; 11 (2): 123-132.

Kirom, S. Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. 2019; 2(2): 204-226.

Mawardi. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Memenuhi Kewajiban Jam Mengajar, Kebijakan Dilematis? Scholaria, 2012; 2(1): 91-115.

Noorjannah, L. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 2014; 10(1): 97-114.

Susatya, E. Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2013; 19(1): 14-31.

Obaid, M.Y. Religiusitas Lembaga Pendidikan Yang Berwawasan Lingkungan. Jurnal Al-Ta’dib, 2018; 6(1): 137-149.


Article Metrics

Abstract has been read : 124 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v1i1.14623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agung Nasrulloh Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id