Pemberdayaan Perempuan sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif dengan Kulit Bawang

Galih Puji Mulyono

Abstract


Program pengabdian ini juga bertujuan untuk mewujdkan pemberdayaan terhadap para perempuan ibu rumah tangga dan remaja putri di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang untuk memiliki mindset berwirausaha sehingga mampu menghasilkan pemasukan bagi keluarga dan meminimalisir tingginya masyarakat pra sejahtera. Melalui metode pelatihan pembuatan suatu produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi dengan berinovasi terhadap pembuatan camilan bawang goreng aneka rasa. Bawang merah memang banyak manfaatnya selain itu bawang merah juga sering diolah sebagai bawang goreng dan kini Kecamatan Ngantang menjadi salah satu penghasil bawang merah di Indonesia memberikan pilihan ragam makanan olahan yang berasal dari bawang merah tersebut. Target dari kegiatan pengabdian ini adalah 1) Perempuan dapat memiliki keterampilan dalam membuat hasil olahan bawang goreng menjadi sebuah camilan dengan aneka rasa, 2) Perempuan memahami bagaimana cara menggunakan waktu luang mereka dengan yang menghasilkan, 3) Merubah pola pikir para perempuan agar menjadi inovatif dan kreatif, dengan mengajak mereka melakukan kegiatan yang berdaya guna tinggi. Sementara itu luaran kegiatan ini adalah 1) Mewujudkan perempuan yang kreatif dengan memanfaatkan waktu yang menghasilkan, 2) Menghasilkan produk inovasi panganan dari komoditi lokal berekonomi tinggi

Keywords


Pemberdayaan Perempuan; Camilan Kulit Bawang; Paningkatan Ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Aminatun, Tien. (2008). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri di Berbah Sleman Dalam Pengolahan Sampah Dapur Dengan Teknologi Yang Sederhana dan Ramah Lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Doratul. (2011). Pelatihan Keterampilan Seni Daur Ulang Kertas Sebagai Media Untuk Menciptakan Peluang Usaha Bagi Anak-Anak Jalanan Di Kelurahan Klender Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta.

Raismawati, Eko. (2011). Pemberdayaan Masyarakat Desa Temulus Dalam Pembuatan Keripik Labu Kuning Balajo (Balado Lombok Ijo) Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang.

Firmanto. (2011). Praktis Bertanam bawang Merah. Angkasa. Bandung. Jaelani. 2007. Khasiat Bawang Merah. Kanisius. Yogyakarta.

Hidayati, Nurlisa. Syarif, Nirwan dan Kusumawati, Heni Yohandini. (2018). Pemanfaatan Limbah Kulit Bawang Merah Untuk Produksi Telur Pindang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, Vol 6, No 2. DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v6i2.6060.

Kumparan.com. (2019). Ngantang Dan Pujon Salah Satu Penyumbang Produksi Bawang Merah. Diakses pada https://kumparan.com/beritajatim/ngantang-dan-pujon-salah-satu-penyumbang-produksi-bawang-merah-1rMzzNizl0w/full. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.

Nolan, B. (2011). Ekonomi Politik Masyarakat Nelayan Skala Kecil: Sebuah Studi Perbandingan Masyarakat Pendatang di Rote Ndao dan Jawa Timur. [skripsi]. Malang (ID): Universitas Muhammadiyah Malang.

Palmasari, Berliana. Hawayanti, Erni. Amir, Nurbaiti. Prasetyo, Rian Dwi. (2020). Pelatihan Dan Penyuluhan Budidaya Tanaman Bawang Merah Di Polybag. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 67-70 67. DOI: https://doi.org/10.32502/suluh%20abdi.v2i2.3058.

Rahayu, E dan Berlian, N.V.A. (1999). Bawang Merah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Salamah. (2005). Peranan wanita dalam perekonomian rumah tangga nelayan di Pantai Depok Parangtritis Bantul. PKS. [Internet]. [diunduh 2019 Januari 30] ; 4(12) : 73-84. https://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id= 47132&idc=45.

Samadi dan cahyono. (2005). Bawang merah Identifikasi Usahatani. Kanisius. Yogyakarta.

Sugiharto. (2000). Budidaya tanaman Bawang Merah. Aneka Ilmu. Semarang.

Sumarni, N dan A, Hidayat. (2005). Budidaya Bawang Merah. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Lembang, Bandung Barat.

Supriyatno, Helmi. (2016). Mentan Panen Bawang Merah di Kab.Malang. Diakses pada Mentan Panen Bawang Merah di Kab.Malang | Harian Bhirawa Online. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.

Wahyuningsih, Iis. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tanaman Obat Sebagai Minuman Kesehatan Berupa Teh Celup di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Waluyo, N dan Sinaga, R. (2015). Bawang Merah yang dirilis oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Iptek Tanaman Sayuran. No. 004 Jan 2015.

Wibowo, S. (2007). Budidaya Bawang: Bawang Putih, Bawang Merah, Bawang Bombay. Penebar Swadaya. Jakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 231 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v1i1.13191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Galih Puji Mulyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id