THE EFFECT OF BEHAVIORAL AND PERFORMANCE ASPECTS OF EDUCATOR ACCOUNTANTS ON THE ACCOUNTING STUDENTS’ COMPETENCE
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v10i2.6037Keywords:
Behavioral Aspects, Educator Accountant Performance, Accounting Students’ Competence, Aspek Keperilakuan, Kinerja Akuntan Pendidik, Kompetensi Mahasiswa AkuntansiAbstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of behavioral and performance aspects of educator accountants on the competence of accounting students at universities throughout Banten Province. The method used is descriptive and associative quantitative. The results of the descriptive analysis showed that the behavioral aspect of the perception dimension variable had the highest average value, the lowest motivation dimension. The variable of educator accountants' performance of the collaboration dimension had the highest average value and the lowest of higher education Tridharma output quality dimension. The variable of accounting students' competence in the dimension of learning to live together has the highest average value, and the dimension of learning to understand is the lowest. The results of the associative analysis were obtained simultaneously that the behavioral and performance aspects of educator accountants affect the competence of accounting students.
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek keperilakuan dan kinerja akuntan pendidik terhadap kompetensi mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi se-Provinsi Banten. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan asosiatif. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pada variabel aspek keperilakuan dimensi persepsi memiliki nilai rata-rata tertinggi, dimensi motivasi terendah. Variabel kinerja akuntan pendidik dimensi kerja sama memiliki nilai rata-rata tertinggi, dimensi kualitas output tridarma perguruan tinggi terendah. Variabel kompetensi mahasiswa akuntansi dimensi learning to live together memiliki nilai rata-rata tertinggi, dimensi learning to understand terendah. Hasil analisis asosiatif diperoleh secara simultan aspek keperilakuan dan kinerja akuntan pendidik berpengaruh terhadap kompetensi mahasiswa akuntansi.
Downloads
References
Akib, M. Akib, M., & Asni, N. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik Pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, VII(1), 1–13.
Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran student-centered learning dan kemampuan spasial. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22, 454–466.
Hariani, D. S., & Sudrajat, M. A. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa Terhadap Penggunaan Teknologi Accounting Information System Pada Desa-Desa Di Kabupaten Madiun. Assets Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 5, 113–128.
Harris, L., & Mardiyati, E. (2013). Atas Sistem Aplikasi Enterprise Resource Planning. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL), 4(1), 55–74.
Irwandi. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik (Dosen Akuntansi) (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi & Keuangan, 7(1).
Ismail, Hasan, & Musdalifah. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Maspul Journal of Community Empowerment Jurnal Pengabdian Masyarakat Massenrempulu, 2(February), 8–17. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Ismail, T. (2018). Kesenjangan Harapan Keterampilan Yang Dimiliki Oleh Sarjana Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11(2), 138–147. https://doi.org/10.35448/jrat.v11i2.4251
Laksmi, A. C., & Febrian, R. S. (2018). Faktor-faktor penentu tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 22(1), 25–35. https://doi.org/10.20885/jaai.vol22.iss1.art3
Mardjono, E. S., & Solikhan, B. (2014). Profesionalisme Akuntan Pendidik : Perspektif Atau Triger Kualitas Lulusan Akuntansi Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Journal of Accounting and Auditing, 11(1), 103–119. https://doi.org/10.14710/jaa.v11i1.9701
Meilisa, F., & Ludigdo, U. (2010). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Akuntan Pendidik di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 223–238. https://doi.org/10.18202/jamal.2010.08.7091
Mukmin, M. & Wulansari, H. (2017). Akuntabilitas Kinerja Akuntan Pendidik Berdasarkan Kompetensi Akuntan dan Etika Profesional (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bogor). Jurnal Akuinida, 3, 57–65.
Muliawat. (2012). Aspek keperilakuan dalam akuntansi keuangan. Bina Ekonomi, 16(2), 84–92.
Murniasih, N. S., & Purnamawati, I. G. A. (2015). Analisis Perbedaan Persepsi Terkait Kompetensi Lulusan S1 Akuntansi UniversitasPendidikan Ganesha e-Journal Ak S1 Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Ak S1 Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Nahartyo, E. (2016). Menghindari Krisis Legitimasi : Kebijakan Pendidikan Avoiding Crisis of Legitimacy : Accounting Education Policy From. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(2).
Purnama, D., & Azizah, S. N. (2019). Implementasi Sistem Keuangan Desa Berbasis Akuntansi Keperilakuan. Jurnal Kajian Akuntansi, 3(2), 160. https://doi.org/10.33603/jka.v3i2.2606
Riczqi, T., Putri, S., & Harto, P. (2012). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dan Akuntan Pendidik Terhadap Kompetensi Yang Dibutuhkan Lulusan Akuntansi. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 861–869.
Sarmigi, E., & Andriadi, D. (2019). Analisis penerapan akuntansi keperilakuan terhadap mahasiswa akuntansi stie sakti alam kerinci 1,2. Jurnal Benefita, 4(November 2018), 51–69. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i1.3834
Sawitri, A. P. (2017). Peran Akuntan Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme Calon Akuntan. 4(2), 146–155.
Suryanti, & Arfah, E. A. (2019). Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik,. Atestasi Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1–10.
Syamsuddin. (2019). Determinan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 148–160.
Wibowo. (2014). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wirianata, H. (2017). Kompetensi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea ). Jurnal Ekonomi, 22(3). https://doi.org/10.24912/je.v22i3.278
Downloads
Additional Files
- Pengaruh Aspek Keperilakuan Dan Kinerja Akuntan Pendidik Terhadap Kompetensi Mahasiswa Akuntansi
- Pengaruh Aspek Keperilakuan Dan Kinerja Akuntan Pendidik Terhadap Kompetensi Mahasiswa Akuntansi
- THE EFFECT OF BEHAVIORAL AND PERFORMANCE ASPECTS OF EDUCATOR ACCOUNTANTS ON THE ACCOUNTING STUDENTS’ COMPETENCE
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.