The Development of Financial Statement Analysis Learning Media to Enhance Student Analysis Abilities
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v9i1.5348Keywords:
Learning media, mobile learning, analysis ability, Media pembelajaran, kemampuan analisisAbstract
ABSTRACT
This study aims to develop financial report analysis learning media based on mobile learning; by testing the feasibility level of the developed learning media based on validation/assessment that carried out by the expert teams and students. The Validation of Learning Media that carried out by the Media Expert team (Lecturer) and as well as testing the student analytical abilities were tested towards 40 students accounting program of State University of Medan 2018. The data analysis method used is a descriptive analysis of the percentage. In general, the media validation results fall into the category very viable whereas the result of field trial assessment also categorized as very viable.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran analisis laporan keuangan berbasis mobile learning; dengan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan validasi/penilaian dari tim ahli dan mahasiswa serta pengujian kemampuan analisis mahasiswa. Validasi media dilakukan oleh Tim Dosen Ahli Media dan diujicobakan kepada 40 mahasiswa program studi Akuntansi Universitas Negeri Medan stambuk 2018. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif presentase. Secara garis besar, hasil validasi aspek media tergolong kategori sangat layak dan hasil penilaian ujicoba lapangan juga tergolong kategori sangat layak.
Downloads
References
Anggraeni, R., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11. https://doi.org/10.26740/jpfa.v3n1.p11-18
Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Bio Educatio, 3(April), 1–9.
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research, An Introduction, Fourth Edition. In New York: Log-man Inc.
Calimag, J. a N. N. V, Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering and Technology, 2(2), pp 119–128.
El-Mouelhy, I., Poon, I. H. C., Hui, A. N. N., & Sue-Chan, C. (2013). Does a Creative Learning Medium Matter? Impact of Low Cost Android Tablets on Elementary Students’ English Comprehension, Perceived Performance and Memory Retention. Creative Education, 04(12), 42–50. https://doi.org/10.4236/ce.2013.412a2007
Febriani, A. S. (2017). FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BIGO LIVE ( LIVE STREAMING ) DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNPAS. Universitas Pasundan.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished.[Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf.
Likert, R. (2017). The method of constructing an attitude scale. In Scaling: A Sourcebook for Behavioral Scientists (pp. 233–243). https://doi.org/10.4324/9781315128948-23
Listiaji,P.(2015). Pengembangan Aplikasi MobileLearning sebagai PenunjangPembelajaran Fisika pada MateriHukum Gravitasi Newton untuk Siswa SMA.
Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. 181–189. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.19
Polonia,B.S. (2014). Pengembangan Aplikasi Kamus Aplikasi Berbasis Android sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA Pokok Bahasan FluidaStatis dan Kalor. Jurnal Online Universitas Negeri Malang Vol.2. No. 1. (Online).
Sabiatus, Soibah, Lusia, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tav Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15). Bandung: Alfabeta.
Sulastri, Y. L., & Hakim, L. L. (2014). Pembelajaran Berbasis Mobile. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(2), 173. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i2.458
UNESCO. (2011). ICT Competency Framework for Teachers. Paris: UNESCO 2002.
Wartomo, 2016. (2016). Prosiding temu ilmiah nasional guru (ting) viii. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9(November), 632–641.
Yana, E., Swadaya, U., Jati, G., Komara, A., Swadaya, U., Jati, G., … Mahasiswa, K. A. (2019). Pengembangan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan analysis ability mahasiswa. Jurnal Assets Akuntansi Dan Pendidikan, 8(2), 157–173.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.