A Study of Accounting Learning Achievements Using Emotional Intelligence and Learning Behavior
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v9i1.4179Keywords:
Emotional intelligence, learning behavior, accounting learning achievements, Kecerdasan emosional, perilaku belajar, prestasi belajar akuntansiAbstract
ABSTRACT
The study aims to examine the influence of emotional intelligence and learning behavior towards accounting learning achievements. The population in this study is a student of education accounting study program year 2014. Total samples obtained some 71 students with a purposive sampling technique. The data analysis method used is multiple regression. The results proved that among emotional intelligence and learning behavior, only emotional intelligence had a positive effect on accounting learning achievements. These results indicate that students with good self-resilience can empathize and cooperate with others. This intelligence can support their success in implementing accounting concepts when they enter the workforce and various aspects of life.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi pendidikan tahun 2014. Total sampel diperoleh sejumlah 71 siswa dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasilnya membuktikan bahwa di antara kecerdasan emosi dan perilaku belajar, hanya kecerdasan emosi yang memiliki efek positif pada prestasi belajar akuntansi. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa dengan ketahanan diri yang baik dapat berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kecerdasan ini dapat mendukung keberhasilan mereka dalam menerapkan konsep akuntansi ketika mereka memasuki dunia kerja dan berbagai aspek kehidupan.
Downloads
References
Agustina, & Yanti, D. M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE MIKROSKIL Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11–20.
Ariani, M. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi dengan Variabel Moderating Kepercayaan Diri. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 8(2), 133–148.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsawan, I. W. E. (2013). Pengaruh Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Stress Kuliah Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. SOSHUM: Jurnal Sosial dan Humaniora. 3(1), 55–68.
Aulia, A., & Subowo. (2016). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 346–362.
Baharuddin & Wahyuni, E. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Bumi Aksara.
Eva, L. M., & Kusrini, M. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 245–256.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelegence. (T. Hermaya, Trans.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hariyoga, S., & Suprianto, E. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 14. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala., 1–29.
Herli, F., Kamaliah, & Silvi, A. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. JOM FEKON, 1(2), 1–15.
Junaid, A., & Wahyuni, N. (2016). Integrasi Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi dan Stress Kuliah. ASSETS: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 6(2), 162–176.
Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lismarni. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa D-III Kebidanan Stikes Prima Nusantara Bukittinggi Tahun 2013. Jurnal Kesehatan, 7(1), 6–9.
Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1), 17–26.
Mutia, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). . Jurnal WRA, 3(2), 639–654.
Prasetyo, D. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 2(1), 1–15.
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Jurnal Formatif, 6(3), 233–245.
Rimbano, D., & Putri, D. M. S. E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 15, 11–32.
Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNTAG Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.
Sari, I. P., & Sartika, R. (2018). Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. . Menara Ekonomi, IV(2), 39–49.
Sulistyowati, N. W. (2015). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Prestasi Belajar Akuntansi Terhadap Minat Investasi dan Keputusan Investasi Mahasiswa FE Program Studi Akuntansi UNESA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 76–90.
Tjun, L. T., Setiawan, S., & Setiana, S. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi, 1(2), 101–118.
Widhianningrum, P. (2017). The Influence of Intelectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spriritual Intelligence on Understanding Magnitude of Behavioral Accounting. Jurnal of Accounting and Business Education. 1(2), 191–207.
Winarni, S. (2014). Pengaruh Perhatian Guru, Motivasi Belajar, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Bioedukatika, 2(1), 42–45.
Wulandari, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. ESENSI: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 37–48.
Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(2), 242–251.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.