EDUCATION, POLITICAL CONNECTIONS, AND FIRM PERFORMANCE: EVIDENCE FROM GROWTH TRIANGLE COUNTRIES
Keywords:
Corporate Performance, Corporate performance, Education, Green CSR, CSR Hijau, Inovasi teknologi, Kinerja perusahaan, Koneksi politik, PendidikanAbstract
ABSTRACT
This research aims to understand better how education influences overall company performance in the "growth triangle" nations of Malaysia, Thailand, and Indonesia and how it fosters favorable political relations. Furthermore, we investigate how education contributes to the effectiveness of environmentally friendly corporate social responsibility (CSR) initiatives, sometimes called "Green CSR," and technological innovation in enhancing firm performance. This study covers annual data from 2012 to 2023 and uses a threshold autoregressive model. Our findings show that education level and work experience significantly influence employee performance. Firms that prioritize education, offer development opportunities, and provide training tend to have more productive teams.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami bagaimana pendidikan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan di negara-negara “segitiga pertumbuhan” di Malaysia, Thailand, dan Indonesia, serta bagaimana pendidikan dapat mendorong hubungan politik yang menguntungkan. Selain itu, kami menyelidiki bagaimana pendidikan berkontribusi terhadap keberhasilan inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang ramah lingkungan, yang kadang-kadang dikenal sebagai “CSR Hijau” dan bagaimana inovasi teknologi meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini mencakup data tahunan dari tahun 2012 hingga 2023 dan menggunakan model autoregresif ambang batas. Temuan kami menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pengalaman kerja secara signifikan mempengaruhi kinerja karyawan. Perusahaan yang memprioritaskan pendidikan, menawarkan kesempatan pengembangan dan memberikan pelatihan cenderung memiliki tim yang lebih produktif.
Downloads
References
Abbas, J. (2020). Impact of total quality management on corporate green performance through the mediating role of corporate social responsibility. Journal of Cleaner Production, 242(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.118458
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.