Perbedaan Hasil Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Metode Snowball Throwing Dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Arjasa

Authors

  • Moh. Usman Kurniawan IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292

Keywords:

Metode snowball throwing, Metode konvensional, Hasil belajar siswa, Pembelajaran akuntansi.

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi dengan menggunakan metode snowball throwing dan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan dua kelas pada SMAN Arjasa. Kelas XI IPS 1 terpilih menjadi kelas yang diajar menggunakan metode snowball throwing dan kelas XI IPS 3 terpilih menjadi kelas kontrol atau kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan metode snowball throwing pada pembelajaran akuntansi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Farhan. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Diakses pada 9 Desember 2011, dari http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.

Januwardana, I. G. A., Zulaikha, S. dan Putra (2014). Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Badung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2, 1-12.

Lie, A. (2010). Cooperatif Learning, Mempraktekan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rasana, I. D. P. R. (2009). Model - Model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rasyid, M & Sumiati. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa (Studi pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon). Jurnal Chemica, 12, 69 -76.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru Edisi 5. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2011). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sugihartono, Kartika, H., dan Farida, S. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukertiasih, N. K. (2010). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Limit Fungsi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Saraswati Mataram Tahun Ajaran 2007/2008. GaneÇ Swara, 4, 69-78.

Sukir. (2009). Metode Pembelajaran Inovatif. Diakses pada 27 November 2012, dari http://www. model.pembelajaran.html.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Syukur, I. A., Muhardjito, dan Markus (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Termodifikasi Berbasis Outbound terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20, 310-327.

Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Insiator. Semarang: Rasail Media Group.

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 10, 1-25.

Widodo, P. S. (2009). Meningkatkankan Motivasi Siswa Bertanya melalui Metode Snowball Throwing dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Penabur, 8, 38 – 48.

Yuliati, L. 2008. Model-model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Malang: LP3 UM.

Downloads

Published

2017-04-30

Issue

Section

Articles