Perbedaan Hasil Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Metode Snowball Throwing Dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Arjasa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292Keywords:
Metode snowball throwing, Metode konvensional, Hasil belajar siswa, Pembelajaran akuntansi.Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi dengan menggunakan metode snowball throwing dan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan dua kelas pada SMAN Arjasa. Kelas XI IPS 1 terpilih menjadi kelas yang diajar menggunakan metode snowball throwing dan kelas XI IPS 3 terpilih menjadi kelas kontrol atau kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan metode snowball throwing pada pembelajaran akuntansi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Downloads
References
Ahmadi dan Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Farhan. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Diakses pada 9 Desember 2011, dari http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.
Januwardana, I. G. A., Zulaikha, S. dan Putra (2014). Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Badung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2, 1-12.
Lie, A. (2010). Cooperatif Learning, Mempraktekan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Rasana, I. D. P. R. (2009). Model - Model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rasyid, M & Sumiati. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa (Studi pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon). Jurnal Chemica, 12, 69 -76.
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru Edisi 5. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, W. (2011). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sugihartono, Kartika, H., dan Farida, S. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sukertiasih, N. K. (2010). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Limit Fungsi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Saraswati Mataram Tahun Ajaran 2007/2008. GaneÇ Swara, 4, 69-78.
Sukir. (2009). Metode Pembelajaran Inovatif. Diakses pada 27 November 2012, dari http://www. model.pembelajaran.html.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Syukur, I. A., Muhardjito, dan Markus (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Termodifikasi Berbasis Outbound terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20, 310-327.
Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Insiator. Semarang: Rasail Media Group.
Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 10, 1-25.
Widodo, P. S. (2009). Meningkatkankan Motivasi Siswa Bertanya melalui Metode Snowball Throwing dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Penabur, 8, 38 – 48.
Yuliati, L. 2008. Model-model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Malang: LP3 UM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.