Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Arus Kas Masa Mendatang Pada Perusahaan Properti dan Real Estate di BEI

Desy Ayu Cahyanti, Elva Nuraina, Anggita Langgeng Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan leverage baik secara simultan maupun parsial terhadap arus kas masa mendatang pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2010-2014. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 34 perusahaan properti dan real estate periode 2010-2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) likuiditas dengan menggunakan proksi current ratio berpengaruh negatif terhadap arus kas masa mendatang, (2) profitabilitas dengan menggunakan proksi return on equity berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang, (3) leverage dengan menggunakan proksi debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang, (4) likuiditas, profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh terhadap arus kas masa mendatang.


Keywords


Likuiditas; Profitabilitas; Leverage; Arus kas masa mendatang

Full Text:

PDF

References


Ariani, M. D. (2010). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, dan Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang. Universitas Diponegoro.

Andini, P. D. (2011). Kemampuan Prediksi Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Laba dan Arus Kas Masa Depan dan Pengaruhnya Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Jasa. Jurnal Akuntansi Universitas Jember 9 (2), 73-101.

Brigham, E. F. dan Houston, J. F. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika(Teori, konsep, dan aplikasi dengan SPSS 17). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, B., & Mirantiningsih, A. (2007). Pengaruh Atribut Perusahaan Terhadap Relevansi Laba dan Arus Kas, Jurnal Akuntansi & Investas, 8 (1), 72-91.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2014). Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Juan, Ng Eng & Wahyuni, T. E. (2012). Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.

Machdar, M. N., Diyani, A. L., & Ahalik. (2013). Pengaruh Likuiditas dan Laba Terhadap Predikasi Arus Kas Masa Depan. Jurnal Mahasiswa Akuntansi 18 (2), 152-166.

Martani, D., Slyvia V., Ratna W., Aria F., & Edward T. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Muchlis. (2011). Kemampuan Informasi Arus Kas, Gross Profit Margin dan Laba Dalam Memprediksi Arus Kas Masa Depan Pada Perusahaan Properti, Real Estate dan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara Medan.

Pasadena, R. P. (2013). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Islam Negeri Jakarta.

Prastowo, D. (2011). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi Edisi Ketiga. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Putro, A. G. (2007). Analisis Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi Dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Operasi Mandatang. Universitas Sanata Dharma.

Ramon, T. K. (2009). Pengaruh Kemampuan Prediktif Laba dan Arus Kas Operasi Dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan (Studi Empiris Pada Perusahaan Property And Real Estat Yang Terdaftar DI BEI. Universitas Negeri Padang.

Reiys Schreiben. (2013). Propek Indonesia Menjadi Tujuan Utama Investasi Properti di Dunia. Diakses 25 Januari 2016, dari https://reiyslbs.wordpress.com/2013/05/08/prospek-indonesia-menjadi-tujuan-utama-investasi-properti-di-dunia/.

Rispayanto, S. (2013). Pengaruh Laba Kotor , Laba Operasi, Laba Bersih dan arus Kas Operasi Dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Mendatang. Skripsi diterbitkan. Universitas Negeri Padang.

Setyaningsih, R. (2011). Pengaruh Earning, Leverage, Operating Cycle, Capital Intensity, dan Operating Cash Flow Terhadap Arus Kas Operasi Masa Depan Perusahaan yang Terdaftar di BEI. Universitas Negeri Surakarta.

Subramanyam, K. R. & Wild, J. J. (2011). Analisis Laporan Keuangan Edisi 10 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Analisis Laporan Keuangan Untuk Bisnis (Teori Dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Tommy, P. (2007). Konsentrasi Kepemilikan Saham, Risiko Perusahaan, Likuiditas Saham, Arus Kas, dan Nilai Perusahaan, Jurnal Keuangan dan Perbankan, 14 (Edisi Khusus Oktober 2010), 641-651.

Wanti, F. K. P. (2012). Kemampuan Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Ratio Piutang Untuk Mempengaruhi Arus Kas Masa Mendatang Pada Perusahaan Food and Beverage di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 3, 36-41.

Yuwana, V., & Chistiawan, Y. J. (2014). Analisa Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi Dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan. Business Accounting Review, 2 (1), 1-10.


Article Metrics

Abstract has been read : 4200 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Desy Ayu Cahyanti, Elva Nuraina, Anggita Langgeng Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter