Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun

Authors

  • Dian Arumsari Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290

Keywords:

Media pembelajaran, Keterampilan pengelolaan kelas, Prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 5 Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 siswa kelas X Ak SMK Negeri 5 Madiun. Penulis menggunakan teknik proporsional sampling dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 84 siswa yang diambil secara acak dari 3 kelas dengan proporsi masing-masing kelas diwakili oleh 28 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yaitu nilai siswa selama mengikuti pembelajaran. Metode analisis data menggunakan multiple regression. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran dan keterampilan pengelolaan kelas secara signifikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Keterampilan pengelolaan kelas memiliki pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belkaoui, A. R. (2000). Teori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Baharuddin dan Esa N. W.. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Burhan, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darwanto. (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Syukur, F. (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail Media Group.

Uno, H. B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tu’u, L. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, P. dan Sobry S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Raya. (2004). Upaya Meningkatkan Prestasi belajar Matematika dengan Media Pengajaran di SD Gondangsari IV Kelas IV. Universitas Negeri Yogyakarta.

Akbar, R. dan Hawadi. (2006). Akselerasi. Jakarta: PT. Grasindo.

Santoso, S. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2005). Pengelolaan Kelas. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarna. (2006). Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suyatno. (2008). Perencanaan Pengajaran. Surakarta: UNS Press.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Thoifuri. (2008). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group.

Riyanto, Y. (2006). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit SIC.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2017-04-30

Issue

Section

Articles