MERDEKA BELAJAR IN ACCOUNTING EDUCATION STUDENT PERSPECTIVE
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v11i1.12524Keywords:
Accounting education, MBKM evaluation, Freedom to Learn, Independent Campus, Pendidikan Akuntansi, Evaluasi MBKM, Merdeka Belajar, Kampus MerdekaAbstract
ABSTRACT
MBKM is a policy that frees students to synchronize learning activities with their needs in a rapidly changing future. This study was conducted to determine whether the MBKM program implemented was on the perception of independent learning for the students involved. Researchers used phenomenology with data collection techniques through interviews, observations, and documentaries. The results showed that in entrepreneurial activities, students felt free to learn because they had the experience of starting a business from scratch. Teaching assistant participants feel free because they can practice their courage to speak in public and experience developing modules. Research participants benefit from research and development knowledge and have the opportunity to create LKPD. Industrial apprentices are not independent because they are not fully involved in partner operational activities.
ABSTRAK
MBKM merupakan kebijakan yang membebaskan mahasiswa untuk melakukan sinkronisasi kegiatan pembelajaran dengan kebutuhannya dalam menyongsong masa depan yang berubah dengan cepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah program MBKM yang diimplementasikan sesuai dengan persepsi merdeka belajar bagi mahasiswa yang terlibat. Peneliti menggunakan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas kewirausahaan mahasiswa merasa telah merdeka belajar karena mendapat pengalaman merintis usaha dari nol. Peserta asistensi mengajar merasa merdeka karena dapat melatih keberanian berbicara di depan umum sekaligus berpengalaman membuat modul. Peserta penelitian mendapat manfaat pengetahuan penelitian pengembangan dan berkesempatan membuat LKPD. Peserta magang industri belum merasa merdeka karena tidak terlibat secara penuh dalam kegiatan operasional mitra.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1080/10410236.2018.1493416
Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.
Baridwan, Z. (2012). Analisis Keperilakuan Individu Terhadap Implementasi Sistem Informasi Akuntansi: Model Penerimaan dan Kesuksesan Sistem Informasi Berbasis Teknologi [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/161114/
Creswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (Edisi ke-3). Pustaka Pelajar.
Ditjen Dikti. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus merdeka (Kesatu). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Eksis, X(1), 28–41.
Fahmi, I., Fachruddin, R., & Silvia, V. (2019). Analisis E-Business pada Keputusan Kewirausahaan Bisnis Digital (Sebuah Kajian Literatur Studi). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 71–75. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3583
Faiz, A., & Purwati. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. EDUKATIF : JJurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655.
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180.
Hill, R. J., Fishbein, M., & Ajzen, I. (1977). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Contemporary Sociology, 6(2), 244. https://doi.org/10.2307/2065853
Huda, M. M., Fitrotun, N. N., & Ali, A. (2020). Persepsi Guru PAI Terhadap Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 236–246.
Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199–204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340
Pamungkas, N. B., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2020). Analysis of interest factors for entrepreneurship of accounting education students. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 9(2), 41–56. https://doi.org/10.37715/jee.v9i2.1453
Purnomo, D. (2013). Konsep Design Thinking Bagi Pengembangan Rencana Program Dan Pembelajaran Kreatif Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep Design Thinking Bagi Pengembangan Rencana Program Dan Pembelajaran Kreatif Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, 1, 1–14. http://biofarmaka.ipb.ac.id/biofarmaka/2013/KNIT2013-FullPaperofSigitArrohman.pdf
Purnomo, D. I., & Adenita. (2020). Jangan Lelah Berproses. Serambi Ilmu Semesta.
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–202. www.ejournal.unuja.ac.id
Sari, P. M., Zulfadewina, & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Mahasiswa ( LKPD ) IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal SOLMA, 10(01s), 111–117.
Sholekah, W., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 213–222. https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2531
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.216
Suranto. (2006). Implementasi Pendekatan Fenomenologis dalam Penelitian Pendidikan. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 6(3), 218–229.
Syofyan, R., Hidayati, N. S., & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 10(2), 151–162. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi Available at h
Waston, W. (2014). Epistemologi Konstruktivisme dan Pengaruhnya terhadap Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Suhuf, 26(2), 121–130.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar†dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996
Downloads
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.