IMPLEMENTASI SMALL GROUP DISCUSSION DAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI IKIP PGRI MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1197Keywords:
Small Group Discussio, Collaborative Learning, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi IKIP PGRI Madiun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Model Kemmis dan Taggart dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menemukan telah terjadi peningkatan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi IKIP PGRI Madiun dengan metode model pembelajaran Small Group Discussion Dan Collaborative Learning. Dibuktikan dengan meningkatnya prestasi belajar mahasiswa yaitu dengan nilai IPK A dan B dengan kategori lulus, serta penggunaan waktu dan materi presentasi mahasiswa menjadi lebih baik dibadingkan sebelumnya, aktif dan berkompetisi yang sehat antar kelompok pada saat presentasi.
Downloads
References
Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Aqib, Zainal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV.YramaWidya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press.
Hanafiah, Nanang., Cucu Suhana. 2012. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press
Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, Asep, Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemmis, Stephen and Robin McTaggart (eds). 1988. The Action Research Planner. Deakin University. Australia, Deakin University Press (3rd Edition).
Muslich, Masnur. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
Tabrani, Rusyan dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taniredja, Tukiran dkk. 2011. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Al-Migwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru Dan Orang Tua. Bandung : Pusaka Setia.
Armstrong, Thomas. 2006. The Best Schools. Virginia : ASCD.
Balsmeier and Peters. 2009. “Latar belakang keluarga atau Karakteristik Anak : Apa Menentukan SMA Sukses di Jerman?â€. Journal of Economics and Economic Education Research, Volume 10, Number 1, 2009. URL : http//search.proquest.com.
Baron, Robert A dan Donn Byrne. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1 (Edisi Ke Sepuluh). Jakarta : Erlangga.
Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta.
Friday Glorianto. 2005. “Analisis Pengaruh Motivasi Mengikuti Pelatihan dan Peran kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Orientasi Pembelajaran (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pekalongan)â€. http://eprints.undip.ac.id/10279/1/2005MM4260.pdf.
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hurlock. 1980. Development Psychology A Life-Span Approach, Fifth Edition. McGraw-Hill, Inc.
IKIP PGRI MADIUN. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi.
Jamaluddin Sawaji, Djabir Hamzah, dan Idrus Taba. 2010. “Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Sulawesi Selatanâ€. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal.
Jonathan H. Westover, Ph.D. 2012. “Comparative International Differences in Intrinsic and Extrinsic Job Quality Characteristics and Worker Satisfaction, 1989-2005â€. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 7; April 2012.
Kaylene C. Williams and Caroline C. Williams. 2011. “Five key ingredients for improving student motivationâ€. Research in Higher Education Journal.
Kusuma. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, PT. Indeks.
Ridwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riyanto, Yatim. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Kelas. Jakarta, Dirjen Dikti. Wijaya
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.
Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.