PERIKLANAN DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI INDONESIA

Authors

  • Elana Era Yusdita Pendidikan Magister Akuntansi Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jap.v5i1.1190

Keywords:

Reaksi Pasar, Kinerja Keuangan, Strategi Perusahaan, Periklanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemilihan strategi perusahaan terhadap kegiatan periklanan yang dilakukan, serta dampak efektivitas iklan terhadap kinerja keuangan, yaitu ROI dan pertumbuhan laba. Pengujian juga dilakukan untuk mengetahui reaksi pasar modal terhadap kinerja keuangan tersebut. Pengelompokkan perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI pada tahun 2014 berstrategi prospector/ defender dilakukan menggunakan analisis cluster. Pengujian hipotesis menggunakan Partial Least Square menunjukkan hasil bahwa stategi perusahaan tidak mempengaruhi efektivitas periklanan, efektivitas periklanan berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, serta dua rasio kinerja, yaitu ROI dan pertumbuhan laba, tidak berpengaruh terhadap reaksi pasar. Manajer diharapkan dapat mempertimbangkan pengeluaran yang besar untuk periklanan berdasarkan tren daya beli masyarakat. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel yang lebih besar dan jendela abnormal return yang lebih panjang untuk memberikan bukti tambahan tentang reaksi pasar atas kinerja keuangan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, R. N. dan Govindarajan, V. 2005. Management Control Systems. Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Daniel, S. W. dan Kolari, J. W. 1987. Marketing Strategy Implications of the Miles and Snow Strategic Typology. Journal of Marketing 51: pp 19-30.

Gaver, J. G. dan Gaver, K. M. 1993. Additional evidence on the association between the investment opprtunity set and corporate financing, dividend, and compensation policies. Journal of Accounting and Economics 15: pp 125-160.

Gumanti, T. A. dan Utami, E. S. 2002. Bentuk Pasar Efisien dan Pengujiannya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 4 (1): hal 54-68.

Habbe, A. H. dan Jogiyanto, H. M. 2001. Studi Terhadap Pengukuran Kinerja Akuntansi Perusahaan Prospektor dan Defender, dan Hubungannya Dengan Harga Saham: Analisis Dengan Pendekatan Life Cycle Theory. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia 4 (1).

Hartono, Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Ittner, C. D. dan D. F. Larcker. 1997. Quality Strategy, Strategic Control Systems, and Organizational Performance. Accounting, Organizations and Society 22 (3/4): pp 293-314.

Kotler, P. 1983. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian. Edisi 4. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. dan Keller K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Miles, R. E., Snow, C. C., Meyer, A. D. dan Coleman Jr, H. J. 1978. Organizational Strategy, Structure, and Process. The Academy of Management Review 3 (3): pp 546-562.

Said, A.A., H. R. HassabElnaby, dan B. Wier. 2003. An Empirical Investigation of the Performance Consequences of Financial Measures. Journal of Management Accounting Research 15: pp 193-223.

Saraswati, E. dan Atmini, S. 2007. Reaksi Pasar Terhadap Pengukuran Kinerja Akuntansi Perusahaan Prospector dan Defender: Bukti Tambahan Untuk Periode Setelah Krisis. Simposium Nasional Akuntansi X Makassar 26-28 Juli 2007.

Saraswati, E. dan Ghofar, A. 2010. Strategy, Marketing Effectiveness and Firms Performance. Jurnal Aplikasi Manajemen 8 (3): hal 732-740.

Sholihin, M. dan Ratmono, D. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Andi.

Slater, S. F. dan Olson, E. M. 2000. Strategy Type and Performance: The Influence of Sales Force Management. Strategic Management Journal 21 (8): pp 813-829.

Sunardi, Harjono. 2010. Pengaruh Penilaian Kinerja dengan ROI dan EVA terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Vol 2 (1): 70-92.

Umamaheswari, B. dan N. Brindha. 2015. TV Advertising – As An Emerging Instrument in FMCG Industry. International Journal of Management and Social Science Research Review 1 (10): 233-236.

Woodside, A. G., Sullivan, D. P., dan Trappey III, R. J. 1999. Assessing Relationships among Strategic Types, Distinctive Marketing Competencies, and Organizational Performance. Journal of Business Research 45: pp 135–146.

Downloads

Published

2017-04-25

Issue

Section

Articles