Pelatihan Pengemasan Dan Promosi Guna Meningkatkan Nilai Jual Pada “Pabrik Kerupuk Rambak Pak Sunar”

Anny Widiasmara, Ayu Lestari

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan di salah satu UMKM yaitu “Pabrik Kerupuk Rambak Pak Sunar”. Kegiatan ini dilakukan dengan pendampingan usaha dan implementasi berupa pelatihan pengemasan dan promosi. Kegiatan produksi masih menggunakan alat sederhana dengan proses pengemasan berupa plastik yang tidak menggunakan sticker logo. Pasca kegiatan ini, mitra telah berhasil melakukan pengemasan inovatif dan mampu melakukan perluasan pangsa pasar melalui promosi dengan memanfaatkan jejaring sosial berbasis digital. Kegiatan dilakukan sebelum dan setelah pelatihan dan pendampingan,Sebelum mengikuti pelatihan pengemasan dan promosi melalui media sosial nilainya adalah 57,5% ,sedangkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan pengemasan dan promosi meningkat menjadi 88,19%.Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat produkif bagi mitra dalam pengembangan usaha dan laba bersih usaha.

Kata Kunci: UMKM, Kerupuk Rambak, Pengemasan, Promosi.


Full Text:

PDF

References


Indonesia., A. P. J. I. (2017). Hasil Survei Pengguna Internet di Indonesia tahun 2017. In APJII. Indonesia. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: PT. alex Komputindo.

Sarwandi, C. C. (2017). Jago Microsoft Word 2016,Elex Media Komputindo, Indonesia.

Sulistyandari, D. (2017). Kemasan Produk sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” di Desa Dukuhturi, Ke. Bumiayu, Kab. Brebes. Jurnal Pengabdian Masyarakat. (Diunduh Pada 06 Januari 2020).

Wiguna, S. P. (2007). Pengaruh Kemasan Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Jajan Khas Kota Gresik. Skripsi. UIN Malang. (Diunduh Pada 06 Januari 2020).


Article Metrics

Abstract has been read : 339 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i01.11798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id