MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nunuk Trihastuti Universitas PGRI Madiun
  • Panji Kuncoro Hadi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20707

Keywords:

narrative text, differentiation learning, project-based learning

Abstract

This research aimed to improve fourth-graders' narrative writing skills through a differentiated project-based learning model. A classroom action research involving teachers and 13 students was conducted. Data was collected through interviews, observations, writing tests, and documents. Results showed significant improvement in writing skills after two cycles. Eighty-five percent of students achieved scores above the minimum criteria. The project-based learning model effectively enhanced students' writing abilities.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi model problem based learning (Pbl) berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi model problem based learning (Pbl) berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran biologi di kelas x sma. Jurnal Biologi, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1963

Anggraini, K. N. (2023). A implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas x sman 2 palembang. Jurnal Sinar Edukasi, 4(3), 31–48. https://doi.org/10.61346/jse.v4i3.71

Arikunto, S., Suhardjono, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Angkasa.

Atmazaki. (2006). Kiat Mengarang dan Menyunting. Yayasan Citra Budaya Indonesia Rosdakarya.

Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F. F., Saptariana, M., & Salamah, A. U. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning pada peserta didik sekolah menengah atas kelas x pada materi bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 251–258. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/view/336

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdifeerensiasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE Yogyakarta.

Purba, M. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.

R.A.Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Ruganda. (2009). Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia. UNS Press.

Sumarni, E. (2023). Upaya meningkatkan minat belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran problem based learning pada pelajaran ips. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 29–46. https://doi.org/10.36312/ejiip.v3i1.153

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

Zubaedah. (2017). No Title. Keterampilan Abad Ke-21 Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.

Downloads

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles