PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA MAKET DENAH SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN GUNUNGSARI 3 KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Sri Mei Ekowati, Dwi Rohman Soleh, Panji Kuncoro Hadi

Abstract


This study aims to describe the use of demonstration methods with school plan mockup media to improve paragraph writing skills, student learning outcomes, and the obstacles encountered for 3rd grade students at SDN Gunungsari 3. This Classroom Action Research (CAR) involved 9 students, with data collected through tests, non-tests, observation, interviews, and documentation. The results showed that the average student score increased from 59 (pre-cycle) to 70 (Cycle I) and 81 (Cycle II), with 89% of students scoring above the minimum criteria. Obstacles came from infrastructure and other factors.


Keywords


Application of Demonstration Method, School Plan Mockup, Paragraph Writing Skills

Full Text:

PDF

References


Adi Suprayitno. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish.

Afandi, M., Chamalah, E. dan Wardani, P.O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Akhadiah, Sabari dkk. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Andi Prastowo. 2010. Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Ariani, Y. Dkk. (2020). Model Pembelajaran Inovasi untuk Pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Deepublish.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2015. Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed): Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Aswan Zain & Syaiful Bahri Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Haryana, E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks monolog procedure melalui metode demonstrasi. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 43–48. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6389

Hasnida. (2014). media pembelajaran kreatif, mendukung pembelajaran pada anak usia dini (1st ed.). Jakarta Timur. PT luxima metro media.

Hermita, Rani. (2015). Fungsi Maket Sebagai Media Visual Pada Karya Desain Interior. Vol. 1 No. 1. Jurnal Proporsi. Universitas Potensi Utama Medan.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Khairi, Zaimuddin. 2012. “Efektifitas Media Maket Sebagai Representasi Karya Perancangan Arsitektur di Era Digital”. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Madjid, NC. (2003). Teknik Singkat Membuat Maket. Yogyakarta: KANISIUS (Anggota IKAPI).

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Solchan T. W., dkk. (2013). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Sri (Ed.). 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Muslich, Mansur. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nana. (2021). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Jawa Tengah: Lakeisha.

Prabowo, P. (2023). Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas viii c smp negeri 2 kaliangkrik kabupaten magelang tahun elajaran 2021/ 2022. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(2), 50–59. https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol2.Iss2.632

Putrawan, I Made. (2020). Pengujuan Hipotesis dalam Penelitian-penelitian. Bandung: Remadja Karya.

Rusli, R. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks ekxplanasi siswa melalui penerapan metode demonstrasi. Jurnal Pijar: Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://ejournal-leader.com/index.php/pijar/article/view/244

Saleh, H. (2024). Kemampuan menulis karangan eksposisi melalui metode demonstrasi siswa kelas vii smp uhammadiyah palopo. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 33–40. https://etdci.org/journal/vokatif/article/view/1174

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam. 40 (2). 110-117.

Setyosari, P. dan Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang. Elang Mas.

Siti, M. (2020). Meningkatkan keterampilan menulis melalui model complete sentence dengan metode demonstrasi di kelas v mi istiqlal banjarmasin [Diploma, Universitas Islam Kalimantan MAB]. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/335/


Article Metrics

Abstract has been read : 20 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats