PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS KELAS I SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL KELOMPOK PARTISIPATIF

Dwi Kurniasih, Panji Kuncoro Hadi, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Babadan 2 Paron Ngawi dengan model kelompok partisipatif. Penelitian tindakan tindakan  kelas ini dilakukan secara  kolaboratif partisipatif dengan  menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Babadan 2 Paron Ngawi. Objek dalam  penelitian  ini  adalah  kemampuan  membaca  permulaan  menggunakan model pembelajaran kelompok partisipatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada  peningkatan  kemampuan  membaca  permulaan siswa kelas I SDN Babadan 2 Paron Ngawi. Dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Siklus I: rata-rata hasil latihan membaca 7,00. Pada siklus I tersebut, jumlah siswa yang mendapatkan nilai hasil latihan membaca 10 dari 25 siswa, atau 40%. Siklus II: rata-rata hasil latihan membaca 7,50. Pada siklus II tersebut, jumlah siswa yang mendapatkan nilai hasil latihan membaca 12 dari 25 siswa, atau 48%.

Keywords


Membaca, Siswa Kelas I, Kelompok Partisipatif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Hidayat, D. (2016). Strategi pembelajaran partisipatif dalam meningkatkan hasil program pendidikan nonformal di kabupaten karawang. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5309

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Hidayat, D. (2016). Strategi pembelajaran partisipatif dalam meningkatkan hasil program pendidikan nonformal di kabupaten karawang. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5309

Kisworo, B., Ilyas, I., & Kriswanto, H. D. (2016). Model pembelajaran partisipatif melalui teknik pendampingan terhadap tugas diskusi kelompok mahasiswa dalam membentuk karakter santun berdiskusi. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5317

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.

Muslim, A. (2017). Implementation of participatory learning through focus group discussions in improving student communication skills. Journal of Pedagogy, 4(1), 15–20. https://doi.org/10.33394/jp.v4i1.3019

Sijabat, O. P., & Sihombing, L. N. (2021). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ips melalui model pembelajaran partisipatif teknik nominal group di sd negeri no. 122358 pematangsiantar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1002–1018. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.964

Sudjana, N. (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran. Falah Production.

Suryati, S., Saneba, B., & Palimbong, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Media Gambar di Kelas IV SDN Tou. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(2), 124–137.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca: sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Umar, J. (2011). Progress In International Reading Literacy Study (PIRLS). Executive Summary. International Benchmarks TIMMS & PIRLS Report International study Center (IEA). Lynch School of Education.

Yuliana, R., Cahyani, I., & Sastomiharjo, A. (2015). Penerapan strategi partisipatif melalui media gambar denah dan kartu pancing foto dalam pembelajaran pemahaman konsep dan berbicara siswa sekolah dasar. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 98–108. https://doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.699

Yusnita. (2018). Penerapan Pembelajaran Partisipatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Palu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.


Article Metrics

Abstract has been read : 22 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats