PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI METODE DRILL DAN MEDIA GAMBAR SERI KELAS II SDN 4 WATES

Eka Mulyani, Dwi Rohman Soleh, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


This research was conducted based on learning activities in grade II at SDN 4 Wates, Slahung District, Ponorogo Regency, which showed that the achievement in writing stories in Indonesian language subjects was still low. The objective was to improve students' learning achievements using the Drill method and picture series as learning media. This method was applied in three learning cycles. The results showed an increase in the average student scores above the KKM in each cycle, namely pre-cycle, cycle 1, and cycle 2. Additionally, the use of picture series also increased students' learning motivation. Thus, the use of picture series media is effective in improving students' achievements in writing stories. 

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kegiatan pembelajaran di kelas II SDN 4 Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, yang menunjukkan bahwa prestasi belajar menulis cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode Drill dan media gambar seri. Metode ini diterapkan dalam tiga siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa di atas KKM pada setiap siklus, yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Selain itu, penggunaan gambar seri juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media gambar seri efektif dalam meningkatkan prestasi belajar menulis cerita siswa. 



Keywords


Story, Drill Method, Series Image Media

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer, Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia…, hal. 2

Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa arab, (Malang: UIN Malang Press, 2009), hal. 64

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), hal. 151

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GaungPersada Press.

Ayu, S. (2023). Penerapan metode drill dengan media visual dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Komprehensif, 1(1), 251–262. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif/article/view/113

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008), hal. 3

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerlach & Ely (dalam Arsyad, 2014:3)

Ginanjar, A. Y., Nugraha, F., & Nurhasanah, N. (2022). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia. Biormatika : Jurnal Ilmiah

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1147

Hermawan, Acep, 2011 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: RemajaRosdakarya.

Hook dalam Jauharoti Sadiman. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Krantika, K., Sugiyono, S., & Kaswari, K. (2018). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan metode drill berbantuan media gambar seri di sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(12). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i12.30493

Nurafni, N., Safiudin, S., & Kosilah, K. (2024). Penerapan metode drill berbasis media gambar untuk meningkatkan kterampilan bercerita siswa kelas iii sd negeri 115 buton. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 955–962. https://www.jurnalumbuton.ac.id/index.php/Prosa/article/view/5554

Sadiman. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilana. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract has been read : 10 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats