Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Fun Learning Dan Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas 2 Sdn Pakah 2 Kecamatan Mantingan

Fitri Nurchasanah, Panji Kuncoro Hadi, Dwi Rohman Soleh

Abstract


This research aims to describe and explain the success of using the fun learning method in improving reading skills in class II Indonesian language learning at SD Negeri Pakah 2 Mantingan Ngawi in the 2023/2024 academic year, describe and explain the success of using word cards in improving reading skills in Indonesian language learning. Class II of Pakah 2 Mantingan Ngawi State Elementary School for the 2023/2024 academic year, and to improve children's learning achievements, especially in Indonesian language lessons. The results of the research showed that the use of fun learning methods and picture word cards in cycle I obtained scores from the initial test until the research was conducted in cycles I and II which increasingly showed improvement from 30.45 to 76. The highest score also increased from 80.95 to 98. So the average also increased from 58.00 then 72.70 and finally to 84.60. The number of students who completed their studies also increased from the first 20.00% in cycle I to 60.00% and at the end of cycle II it became 100% complete. 

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan keberhasilan penggunaan metode fun learning dalam meningkatkan ketrampilan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri pakah 2 Mantingan Ngawi tahun pelajaran 2023/2024, mendeskripsikan dan menjelaskan keberhasilan penggunaan kartu kata dalam meningkatkan ketrampilan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri pakah 2 Mantingan Ngawi tahun pelajaran 2023/2024 ,dan untuk Meningkatkan prestasi belajar anak terutama pada pelajaran Bahasa  Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode fun learning dan kartu kata bergambar pada siklus I memperoleh nilai dari tes awal sampai diadakan penelitian di siklus I dan II semakin menunjukkan perbaikan dari 30, 45 menuju 76. Nilai tertinggi juga mengalami peningkatan dari 80,95, menuju 98. Sehingga rata rata pun juga meningkat dari 58,00 kemudian 72,70 dan akhirnya menjadi 84,60. Siswa yang tuntas dalam belajar juga semakin banyak dari pertama yang hanya 20,00% di siklus I menjadi 60,00 % dan pada akhir siklus II menjadi 100% tuntas.


Keywords


Fun learning method, Picture word cards, Beginning Reading Ability

Full Text:

PDF

References


Adi Suprayitno. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Ariyani, E. (2023). Pengaruh media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas ii sdn 07 sungai raya. TSAQOFAH, 3(4), 660–675. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1257

I Made Hartawan, Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa’adah 03 Kecamatan Ledekombo Kabupaten Jember, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol 2, No 2, (2018), h 3

I.G.A.K Wardani. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : Universitas Terbuka.

Layyinah, Leni. 2016. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based On Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI. Jurnal Tarbawy. 1: 1-

Lestari, Budi. 2013. Keefektifan Strategi Fun Learning dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Godean, Sleman. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Meha, N., & Hengelina, H. (2017). Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di bimba aiueo unit alinda bekasi utara. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.21-26

Milman Yusdi. (2011). Pengertian Kemampuan membaca permulaan. Diakses dari pada tanggal 05 Oktober 2019, jam 13.40 WITA.

Muhaemin. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Fun Teaching Terhadap Hasil. Belajar Matematika. (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nana. (2021). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Jawa Tengah: Lakeisha.

Nurfitriana, “ Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning terhadap minat belajar IPA Bagi Siswa

Kelas V di MI Bahrul Ulum Pallangga Kabupaten Goa” (Skripsi UIN Alaudin Makasar, Makasar, 2016), hal, 11

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245

Sanjaya, Ilham. (2019). Pengaruh Metode Fun Learning pada Pembelajaran GamolanTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik SD 2 Sulusuban Lampung Tengah.Skripsi.Lampung : UNILA, Lampung hal, 22.

Undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 dan pasal-pasalnya.

Utari, A. F. (2018). Meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan media kartu kata bergambar di kelas i sekolah dasar. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar.

https://repository.unja.ac.id/4428/


Article Metrics

Abstract has been read : 28 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats