Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation pada Siswa SDN 1 Somoroto Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Deskripsi Tahun Pelajaran 2023 / 2024

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wida Indrayanto
Dwi Rohman Soleh
Agung Nasrulloh Saputro

Abstract

By using the Cooperative Learning type Group Investigation model on descriptive text material written in the Indonesian language for fifth-grade students at SDN 1 Somoroto in the academic year 2023– 2024, this study seeks to characterize, clarify, and enhance learning outcomes. Data were gathered through observations, field notes, and final assessments for this qualitative Classroom Action Research (CAR), which was then both qualitatively and quantitatively analyzed. The average student score improved from 71.92 in Cycle I to 81.15 in Cycle II, indicating an improvement in the learning outcomes. Beyond the 75% target, the proportion of students achieving the minimal mastery standards increased from 42.30% in Cycle I to 88.46% in Cycle II. This illustrates how the Group Investigation model can improve learning objectives.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Group Investigation pada siswa kelas V SDN 1 Somoroto tahun ajaran 2023/2024 pada materi teks deskriptif Bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kualitatif ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan penilaian akhir yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan rata-rata nilai siswa meningkat dari 71,92 pada Siklus I menjadi 81,15 pada Siklus II. Persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum naik dari 42,30% pada Siklus I menjadi 88,46% pada Siklus II, melampaui target 75%. Hal ini menunjukkan efektivitas model Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Afandi, Muhammad dkk,.(2013). Model dan Metode Pembelajaran di sekolah. Semarang: Unissula Press
  2. Arikunto,.dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  3. Baharudin dan Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup
  4. Dimyati dan Mujiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
  6. Hasanah, Zuriatin. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1 (1): 1-12
  7. Herlina, I., Elmustian, E., & Septyanti, E. (2023). Pengaruh strategi pemetaan pikiran terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas vii smpn 2 gunung toar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8172–8184. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1362
  8. Kalsum, Umi. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VI pada subtema bekerja sama mencapai tujuan dengan mengunakan metode Problem Based Learning. Jember: RFM Pramedia
  9. Kurniawan, Andri dkk. 2022.Model Pembelajaran Inovatif II. Bandung: PT Global Ekskutif Teknologi.
  10. Lathifah, S. Z. (2022). Eningkatan menyimpulkan isi puisi rakyat secara tulis dengan memperhatikan struktur puisi melalui model mind mapping dan media arti kata pada peserta didik kelas vii di mts n 2 kota semarang [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. https://repository.unissula.ac.id/27765/
  11. Ma’rifah, Siti, (2018). Telaah Teroritis, Apa itu Belajar. Jurnal Helper. 35 (1): 31
  12. Mania, Sitti, (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Lintera Pendidikan. 11 (2): 220-232
  13. Mudrikah, Saringatun. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Academia Pradina Pustaka.
  14. Putri, A. N. (2014). Penggunaan pendekatan scientific berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas vb sdn 01 jatikuwung tahun ajaran 2013/2014. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/43622/Penggunaan-Pendekatan-Scientific-BerbasisMind-Mapping-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Menulis-Puisi-pada-Siswa-Kelas-VB-SDN01-Jatikuwung-Tahun-Ajaran-20132014
  15. Sugiani. (2021). Grup Investigation Model Pembelajaran Masa Kini. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia
  16. Suhartono. (2021). Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication