Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation pada Siswa SDN 1 Somoroto Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Deskripsi Tahun Pelajaran 2023 / 2024
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20569Keywords:
Cooperative Learning, Group Investigation, Hasil belajar.Abstract
By using the Cooperative Learning type Group Investigation model on descriptive text material written in the Indonesian language for fifth-grade students at SDN 1 Somoroto in the academic year 2023– 2024, this study seeks to characterize, clarify, and enhance learning outcomes. Data were gathered through observations, field notes, and final assessments for this qualitative Classroom Action Research (CAR), which was then both qualitatively and quantitatively analyzed. The average student score improved from 71.92 in Cycle I to 81.15 in Cycle II, indicating an improvement in the learning outcomes. Beyond the 75% target, the proportion of students achieving the minimal mastery standards increased from 42.30% in Cycle I to 88.46% in Cycle II. This illustrates how the Group Investigation model can improve learning objectives.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Group Investigation pada siswa kelas V SDN 1 Somoroto tahun ajaran 2023/2024 pada materi teks deskriptif Bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kualitatif ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan penilaian akhir yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan rata-rata nilai siswa meningkat dari 71,92 pada Siklus I menjadi 81,15 pada Siklus II. Persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum naik dari 42,30% pada Siklus I menjadi 88,46% pada Siklus II, melampaui target 75%. Hal ini menunjukkan efektivitas model Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar.Â
Downloads
References
Afandi, Muhammad dkk,.(2013). Model dan Metode Pembelajaran di sekolah. Semarang: Unissula Press
Arikunto,.dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Baharudin dan Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup
Dimyati dan Mujiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasanah, Zuriatin. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1 (1): 1-12
Herlina, I., Elmustian, E., & Septyanti, E. (2023). Pengaruh strategi pemetaan pikiran terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas vii smpn 2 gunung toar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8172–8184. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1362
Kalsum, Umi. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VI pada subtema bekerja sama mencapai tujuan dengan mengunakan metode Problem Based Learning. Jember: RFM Pramedia
Kurniawan, Andri dkk. 2022.Model Pembelajaran Inovatif II. Bandung: PT Global Ekskutif Teknologi.
Lathifah, S. Z. (2022). Eningkatan menyimpulkan isi puisi rakyat secara tulis dengan memperhatikan struktur puisi melalui model mind mapping dan media arti kata pada peserta didik kelas vii di mts n 2 kota semarang [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. https://repository.unissula.ac.id/27765/
Ma’rifah, Siti, (2018). Telaah Teroritis, Apa itu Belajar. Jurnal Helper. 35 (1): 31
Mania, Sitti, (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Lintera Pendidikan. 11 (2): 220-232
Mudrikah, Saringatun. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Academia Pradina Pustaka.
Putri, A. N. (2014). Penggunaan pendekatan scientific berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas vb sdn 01 jatikuwung tahun ajaran 2013/2014. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/43622/Penggunaan-Pendekatan-Scientific-BerbasisMind-Mapping-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Menulis-Puisi-pada-Siswa-Kelas-VB-SDN01-Jatikuwung-Tahun-Ajaran-20132014
Sugiani. (2021). Grup Investigation Model Pembelajaran Masa Kini. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia
Suhartono. (2021). Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.