Model Pembelajaran Make A Match dan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD Negeri Crabak Slahung Ponorogo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Herlindawati
Dwi Rohman Soleh
Agung Nasrulloh Saputro

Abstract

The purpose of this study is to clarify and assess the Make a Match learning paradigm, which uses sentence cards to improve students' pantun writing abilities. For the 2023–2024 academic year, data was gathered through observation, testing, and documentation of 12 fifth-grade students at SD Negeri Crabak using the Classroom Action Research technique in two cycles. Both quantitative and qualitative descriptive methodologies were used in the analysis. The findings demonstrated a 25% improvement in classical mastery, rising from 66.7% in the first cycle to 91.7% in the second. The model challenges less experienced writers and takes time, but it also enhances writing abilities, teamwork, and active learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengevaluasi model pembelajaran Make a Match menggunakan kartu kalimat untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus, data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi dari 12 siswa kelas V di SD Negeri Crabak untuk tahun ajaran 2023/2024. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan penguasaan klasikal dari 66,7% pada siklus pertama menjadi 91,7% pada siklus kedua, peningkatan sebesar 25%. Model ini meningkatkan keterampilan menulis, kolaborasi, dan pembelajaran aktif, namun memerlukan waktu dan menjadi tantangan bagi siswa yang kurang mahir menulis.


##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  2. Al-Tabany, Trianto Ibnu B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta:Kencana.
  3. Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  4. Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat SAtuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  5. (2014). Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini.
  6. Elsa Yunda, Innany Mukhlishina. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V SDN Tisnonegaran 3 Kota Probolinggo, (online). (https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/5949, diunduh 23 Juni 2023)
  7. Hobri. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru dan Praktisi. Jember: Pena Salsabila
  8. Kangprayit. 29 Juli 2021. Konsep Penelitian Tindakan Kelas /PTK. (Online) https://www.kangprayit.com/2021/07/konsep-penelitian-tindakan-kelas-ptk.html (diakses 7 November 2023)
  9. Kokasih. (2014). Jenis-Jenis Teks (Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya). Bandung: Yrama Wisya.
  10. Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung
  11. Kosasih, E. (2014) .Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
  12. Kunandar, (2014). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat SAtuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  13. Mayasari, R (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kalimat Sederhana terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas III di SDN 1 Petulaan Indah, 1, 1-12.
  14. Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan model pembelajaran make a match berbasis 4c berbantuan media kartu bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146–4151. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1522
  15. Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan hasil belajar ipa peserta didik menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas 4 sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175
  16. Rukayah. (2013). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
  17. Saddhono, K., dan St. Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (teori dan aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
  18. Setiyawan, H. (2022). Penerapan model pembelajaran make a match pada materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9631–9639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4046
  19. Sharan, Shlomo. (2014). Handook of Cooperative Learning Methods. Terjemahan Sigut Prawoto. Yogyakarta: Istana Media.
  20. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung PT Remaja Rosdakarya
  21. Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
  22. Yulia Meyessy. (2020). Penggunaan Model Make a Match untuk Meningkatkan Keterampilan
  23. Membuat Pantun di Kelas V Sekolah Dasar. (Online).
  24. (https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/55677 , diunduh 22 Juni 2023)