Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas V SDN 03 Madiun Lor

Indartik Indartik, Muhammad Hanif, Sudarmiani Sudarmiani

Abstract


The aim of the research was to describe the implementation of problem based instruction in improving the achievement of science and social science of fifth grade students at 03 Madiun Lor Elementary School. The approach used was qualitative approach by using Classroom Action Researh. The research was done at 03 Madiun Lor Elementary School with the subject of research was the students of fifth grade for 7 months. The subjects was 27 students. The technique of collecting data used observation, questionnaire, and test. Data analysis used descriptive qualitative and quantitative. The result showed that the implementation of problem based instruction learning model could improve the learning motivation of the students in learning science and social science of fifth grade students at 03 Madiun Lor Elementary School. The improvement of the learning motivation in cycle 1 was 45,56% and cycle 2 was 92,59%. The improvement of average scores in cycle 1 was 74,81 and cycle 2 was 86,67. The research was terminated in cycle 2 because the target was achieved.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaan problem based instruction dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS SD pada siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN 03 Madiun Lor selama 7 bulan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaan problem based instruction dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor. Peningkatan minat ditunjukkan dalam siklus 1 sebesar 45,56% dan siklus 2 sebesar 92,59% Sedangkan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus 1 sebesar 74,81 dan siklus 2 sebesar 86,67. Aktivitas riset dihentikan sampai pada siklus 2 karena target yang ditetapkan sudah terpenuhi.


Keywords


Problem based instruction, learning motivation, and achievement of social science

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT

Rineka Cipta.

Dahlia. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika

Djaali, 2019. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar, 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamzah, Uno, 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. 2017. Perkembangan Anak. Penerjemah: Meitasari Tjandrasa Jakarta:

Erlangga.

Ibrahim, M. & Nur, M., 2017, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya: University

Press.

Iwan, Hermawan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed

Methode. Jakarta: Hidayatul Quran Kuningan

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 2006. The Action Research Planner. Victoria Dearcin

University Press.

Mukhammad Saekan, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kudus: Nora Media Enterprise.

Maleong, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rochsantiningsih, D., Suciati, E. and Hartoyo, A., 2020 ‘Rekonstruksi Kurikulum Berbasis

Kompetensi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 9(4), pp. 448–457.

Sandu dan M. Ali Sodik, 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media

Publishing.

Sardiman, A.M. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto, 2018. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Prenada Media.

Trianto, 2017, Model Pembelajaran Terpadu. Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract has been read : 33 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats