Peningkatan Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab dengan Menggunakan Model Asanti Emotan pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kanigoro I
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i2.20441Keywords:
Kindergarten children, independence, asanti emotan model, responsibilityAbstract
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Apriana, N, A, Rahmiwati, N. (2021). Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung Jawab dan Kemandirian melalui Program Pembiasaan dan Keteladanan di TK A Kota Cimahi. Journal Riset Pendidikan Guru PAU.
Hanif, M & Afifah, D, R. (2016). Asanti Emotan Model Pemberdayaan Warga Retardasi Mental Kampung Sidoharjo Jambon Ponorogo. Yogyakarta: Ombak.
Hanif, M,dkk (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Memberdayakan Warga Retardasi Mental dengan Model Asanti Emotan (Studi Kasus di Sidoharjo Jambon Ponorogo). Gulawentah: Jurnal Studi Sosial.
Hanif, M, Ratnaningtyas, D. (2017). Pemberdayaan Warga Retardasi Mental Kampung Sidoharjo Jambon Ponorogo Melalui Model Asanti Emotan. Jurnal Psikologi Esa Unggul.
Hasbi, M. (2020). Membangun Tanggung Jawab Anak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kartikowati, Endang, Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-dimensinya Kencana.
Makki, A. (2019). Mengenal Sosok Edward Lee Thorndike Aliran Fungsionalisme dalam Teori Belajar. Jurnal Studi Islam.
Murniyati, Suyadi. (2021). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner dalam Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Musbikin. (2020). Penguatan Pendidikan karakter (PPK). Nusa Media
Sukiman. (2017). Menumbuhkan Kemandirin pada Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutarti, T. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarka: CV. Aksara Media Pratama.
Trilisiana, Novi, dkk. (2023). Pendidikan Karakter. Kediri: CV. Selembar Karya Pustaka.
Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Karakter. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Jurnal Auladuna.
Zumrotun,A,Widiyono,A. (2022). Pembentukan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Anak melalui Cooking Class di RA Imama Mijen Semarang. Journal.iaialhikmahtuban.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.