Implementasi Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Deskripsi Benda Konkret pada Siswa Kelas V di SDN Ngrambe 1 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i1.19499Keywords:
Writing, concrete object media, free poetry.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperjelas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam penggunaan benda konkrit sebagai alat peraga pada saat pembelajaran puisi puisi bebas bahasa Indonesia, serta memberikan saran solusi atas permasalahan yang timbul pada siswa kelas V SDN Ngrambe 1 Ngrambe. Kabupaten, pada semester I tahun ajaran 2022–2023. Penelitian ini menggunakan logika ilmiah dan penalaran induktif untuk menganalisis prosesnya dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Ada tiga puluh anak kelas lima yang terlibat, dan informasi dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menghasilkan puisi puisi bebas meningkat ketika mereka menggunakan hal-hal konkret, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang baik sebesar 78,3 dalam menulis narasi. Metode ini mendorong keterlibatan, memicu kreativitas, dan memupuk kreativitas selama proses pembelajaran.
The study intends to identify and clarify the challenges encountered in using concrete objects as a teaching aid when teaching free verse poetry in the Indonesian language, as well as to suggest solutions for the problems that arise for fifth-grade students at SDN Ngrambe 1, Ngrambe District, during the first semester of the 2022–2023 academic year. The research uses scientific logic and inductive reasoning to analyse the process using a qualitative descriptive technique. There are thirty fifth-grade children involved, and information is gathered via documentation, interviews, questionnaires, and observation. The results show that students' ability to produce free verse poetry is improved when they use concrete things, as demonstrated by their good average score of 78.3 in narrative writing. This method encourages engagement, sparks creativity, and nurturing creativity during the learning process.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter.
Bandung: PT Refika Aditama
_______. (2015). Pembelajaran multileterasi : sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam
konteks keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama
Alwasilah. (2013). Pokoknya menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama
Anggraeni, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan
Adobe Flash CS5 Untuk Smk Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada
Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada
Brown, H. Douglas.(2001). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy Second
Edition. New York: Pearson Education Company.
Dalman, H. (2014). Ketrampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daryanto. (2011). Model Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Dzuanda, B. (2010). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri “Gatotkacaâ€.
Surabaya : Desain Produk Institut Teknik Surabaya
Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan
Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri
Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Hanifah. (2014). “Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan
Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu
Temanggung). Vol 3 No 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/vi ew /3727.87
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar
berseri berbasis Pop-up Bookuntuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia.
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66.
Iskandarwassid & Sunendar. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Offset
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika
Adiatama
Kristiantari, Rini. (2010). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar: Menulis Deskripsi dan Puisi. Surabaya:
Media Ilmu.
Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap
Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten
Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta
Rusmilawati (2020). Puisi Literasi, Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX : Direktorat
Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus
Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media
gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Suryaman, Maman. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. (2008). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Tarigan, Hendri Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Yolandasari, Mega Berliana. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia Di Kelas Ii A Mi Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran
/2020
Zaimar, Okke dan Ayu Basoeki. (2015). Teori wacana. Jakarta: Penaku
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.