Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Siswa Kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sesuai Kompetensi Dasar 3.1 dan 4.1 Kurikulum Dasar Bahasa Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan identifikasi subjek paragraf pada siswa kelas V SDN 01 Taman Madiun. Keterampilan ini sangat penting untuk pemahaman teks. Hal ini berupaya untuk meningkatkan bakat siswa melalui kemanjuran pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dengan 28 murid, penelitian tiga bulan ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran dan dokumentasi melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi semuanya termasuk dalam pengumpulan data. Analisis menunjukkan bahwa PBL efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi topik paragraf. Manfaat PBL antara lain memotivasi pembelajaran dan sintesis keterampilan; Namun, skeptisisme siswa terhadap pemecahan masalah dan sifat penerapan PBL yang memakan waktu menghadirkan hambatan yang harus diatasi.
According to Basic Competencies 3.1 and 4.1 of the Indonesian basic curriculum, this study aims to improve paragraph subject identification skills in fifth-grade students at SDN 01 Taman Madiun. These skills are crucial for text comprehension. It seeks to improve students' aptitude through the efficacy of problem-based learning (PBL). With 28 pupils, the three-month study uses a quantitative descriptive methodology. Learning activities and documentation through observation, field notes, and documentation are all included in data collecting. Analysis shows that PBL is effective in improving students' ability to identify paragraph topics. Benefits of PBL include motivating learning and skill synthesis; however, students' scepticism about problem-solving and the time-consuming nature of PBL implementation present obstacles that should be addressed.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.
- Bogor : Ghalia Indonesia.
- Hurmah, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Dalam
- Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi The Power Of Two Pada Siswa
- Kelas IV Di MI Ihyani Islam Ujungpangkah Gresik. Skripsi tidak diterbitlan.
- Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
- Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata
- Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal
- Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263.
- https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275
- Lubis, H. P. (2022). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah berkolaborasi google
- classrom dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Jurnal Darma
- Agung, 30(2), 276–288. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1673
- Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
- Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Qothrunnada, K. (2023). Pengertian Ide Pokok Bacaan: Ciri, letak, hingga cara
- menentukannya, (online), (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-666
- /pengertian-ide-pokok-bacaan-ciri-letak-hingga-cara-menentukannya, diunduh
- April 2023).
- Rahayu. (2019). Pengaruh Teknik Membaca Intensif Terhadap Kemampuan Menemukan
- Ide Pokok Paragraf Dalam Artikel “Kpk Batman Yang Lelah†Pada Siswa Kelas Xii
- Sma Swasta Paba Secanggang Kapupaten Langkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
- Vol.16 No.2, 2 Oktober 2019.
- https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/197.
- Rapita, Aprilia. (2017). Pengembangan buku ajar ips berbasis budaya lokal kelas IV SD di
- Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Tematik. Vol.7. No.1:10-
- : p-ISSN:1979-6633 e-ISSN:2460-773
- Rapita, R. (2018). Kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui model
- pembelajaran one to one siswa kelas vii smp negeri 3 bastem. Jurnal Onoma:
- Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.30605/onoma.2017.917
- Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
- Rokhmawati, J., Djatmika, E. T., & Wardana, L. (2016). Implementation of Problem Based
- Learning Model to Improve Students ’ Problem Solving Skill and Self Efficacy (A
- Study on Ix Class Students of SmpMuhammadiyah). Journal of Research & Method
- in Education (IOSR-JRME), 6(3), 51–55.
- Simaremare, J, A, dkk. (2021). Metode Cooperative Learning Tie JIGSAW Dalam
- Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung: Widina
- Bhakti Persada.
- Siregar, S.F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan
- Alam Di Kelas VII-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif di
- SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolukus, Vol. 2 (2).
- http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/539
- Sumayow, C. G. N., Rorimpandey, W. H. F., & Liando, M. R. (2023). Peningkatan
- kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pembelajaran bahasa indonesia
- dengan menggunakan model problem based learning siswa kelas v sd gmim i
- woloan. EDU PRIMARY JOURNAL, 4(3), 158–168.
- https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/8810
- Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implementasinya
- dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
- Tyas, Retnaning. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam
- Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza, Vol.2 No.1.
- Uno, Hamzah B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar
- yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara