Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Siswa Kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i1.19498Keywords:
Problem-Based Learning, Main Idea, Elementary School.Abstract
Sesuai Kompetensi Dasar 3.1 dan 4.1 Kurikulum Dasar Bahasa Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan identifikasi subjek paragraf pada siswa kelas V SDN 01 Taman Madiun. Keterampilan ini sangat penting untuk pemahaman teks. Hal ini berupaya untuk meningkatkan bakat siswa melalui kemanjuran pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dengan 28 murid, penelitian tiga bulan ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran dan dokumentasi melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi semuanya termasuk dalam pengumpulan data. Analisis menunjukkan bahwa PBL efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi topik paragraf. Manfaat PBL antara lain memotivasi pembelajaran dan sintesis keterampilan; Namun, skeptisisme siswa terhadap pemecahan masalah dan sifat penerapan PBL yang memakan waktu menghadirkan hambatan yang harus diatasi.
According to Basic Competencies 3.1 and 4.1 of the Indonesian basic curriculum, this study aims to improve paragraph subject identification skills in fifth-grade students at SDN 01 Taman Madiun. These skills are crucial for text comprehension. It seeks to improve students' aptitude through the efficacy of problem-based learning (PBL). With 28 pupils, the three-month study uses a quantitative descriptive methodology. Learning activities and documentation through observation, field notes, and documentation are all included in data collecting. Analysis shows that PBL is effective in improving students' ability to identify paragraph topics. Benefits of PBL include motivating learning and skill synthesis; however, students' scepticism about problem-solving and the time-consuming nature of PBL implementation present obstacles that should be addressed.
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.
Bogor : Ghalia Indonesia.
Hurmah, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi The Power Of Two Pada Siswa
Kelas IV Di MI Ihyani Islam Ujungpangkah Gresik. Skripsi tidak diterbitlan.
Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata
Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal
Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263.
https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275
Lubis, H. P. (2022). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah berkolaborasi google
classrom dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Jurnal Darma
Agung, 30(2), 276–288. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1673
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Qothrunnada, K. (2023). Pengertian Ide Pokok Bacaan: Ciri, letak, hingga cara
menentukannya, (online), (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-666
/pengertian-ide-pokok-bacaan-ciri-letak-hingga-cara-menentukannya, diunduh
April 2023).
Rahayu. (2019). Pengaruh Teknik Membaca Intensif Terhadap Kemampuan Menemukan
Ide Pokok Paragraf Dalam Artikel “Kpk Batman Yang Lelah†Pada Siswa Kelas Xii
Sma Swasta Paba Secanggang Kapupaten Langkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Vol.16 No.2, 2 Oktober 2019.
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/view/197.
Rapita, Aprilia. (2017). Pengembangan buku ajar ips berbasis budaya lokal kelas IV SD di
Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Tematik. Vol.7. No.1:10-
: p-ISSN:1979-6633 e-ISSN:2460-773
Rapita, R. (2018). Kemampuan menentukan ide pokok paragraf melalui model
pembelajaran one to one siswa kelas vii smp negeri 3 bastem. Jurnal Onoma:
Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.30605/onoma.2017.917
Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Rokhmawati, J., Djatmika, E. T., & Wardana, L. (2016). Implementation of Problem Based
Learning Model to Improve Students ’ Problem Solving Skill and Self Efficacy (A
Study on Ix Class Students of SmpMuhammadiyah). Journal of Research & Method
in Education (IOSR-JRME), 6(3), 51–55.
Simaremare, J, A, dkk. (2021). Metode Cooperative Learning Tie JIGSAW Dalam
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung: Widina
Bhakti Persada.
Siregar, S.F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Di Kelas VII-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif di
SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolukus, Vol. 2 (2).
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/539
Sumayow, C. G. N., Rorimpandey, W. H. F., & Liando, M. R. (2023). Peningkatan
kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pembelajaran bahasa indonesia
dengan menggunakan model problem based learning siswa kelas v sd gmim i
woloan. EDU PRIMARY JOURNAL, 4(3), 158–168.
https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/8810
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implementasinya
dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Tyas, Retnaning. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam
Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza, Vol.2 No.1.
Uno, Hamzah B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar
yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.