Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alvi Kusumah
V. Teguh Suharto
Agung Nasrulloh Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan mutu aktivitas pembelajaran serta kemampuan menulis cerita pendek dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan emansipatoris dan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes menulis cerita pendek. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Aktivitas pembelajaran menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) Kemampuan menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.

This research aims to analyze improving the quality of learning activities and the ability to write short stories using the discovery learning method using audio-visual media in Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. The research method uses an emancipatory action research approach and a type of classroom action research. The data source used was 8 grade 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Data collection in this research was carried out using observation techniques and short story writing tests. The data analysis technique in this research is the Miles & Huberman qualitative descriptive model. The research results found that (1) The learning activity of writing short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media for Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) The ability to write short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media to Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Afdillah, N. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Discovery Learning
  2. Tentang Tumbuhan dan Fungsi Bagian-bagiannya Di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
  3. Muhammadiyah 3 Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo. Journal of Chemical Information
  4. and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  5. Ahmad, B. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek siswa Kelas VI SD
  6. Negeri Karangjati dengan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan). Jurnal
  7. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 95–102.
  8. Ahmad, K., Br Ginting, S. U., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik
  9. Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Smk Swasta Maju Binjai
  10. Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7–19.
  11. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257
  12. Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
  13. Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model
  14. Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of
  15. Education Action Research, 2(2), 142–148.
  16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
  17. Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery
  18. Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.
  19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.
  20. Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.
  21. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.
  22. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
  23. Fujirti, V. R., Nurjamin, A., & Kartini, A. (2019). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Buku
  24. KUMPULAN Cerpen Doa Untuk Sebuah Negeri Karya Julianty Ismail. Jurnal Pendidikan
  25. Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(3), 220–226.
  26. Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap
  27. Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
  28. Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
  29. Hatiningsih, S., & Hanik, E. U. (2023). Penerapan model discovery learning berbantuan
  30. audiovisual pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iv mi nu islamiyah kaliwungu
  31. kudus. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 321–329.
  32. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.533
  33. Khaerunnisa, K. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual
  34. terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas XI
  35. di SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan). Lingua Franca:Jurnal Bahasa,
  36. Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 71. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2052
  37. Khasanah, S. (2020). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan.
  38. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 402–410.
  39. Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning
  40. Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat
  41. Menjadi Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.
  42. Mastini., D. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran
  43. Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Cerpen, 1,
  44. –34.
  45. Mayora, Syahrul, & Tressyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media
  46. Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1
  47. Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2),
  48. –200. https://doi.org/10.24036/107466-019883
  49. Muhammad, F., & Hupiah, H. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk
  50. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin
  51. NW Pancor 2018/2019. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2),
  52. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.1065
  53. Mulyadi, Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk
  54. Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal
  55. Visipena, 9(1), 131–146.
  56. Nisa, A. K. A., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). Penerapan Media Video dan Model Discovery
  57. Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Teks Cerpen Kelas IX di SMPN
  58. Depok. Basastra, 11(3), 216. https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39368
  59. Nugraheni, N. (2017). Pendampingan Pembuatan Media Audiovisual dalam Pembelajaran di
  60. Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 8(1), 120–126.
  61. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/download/16480/8372
  62. Nurham. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan
  63. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 4 Parepare. PERSPEKTIF:
  64. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 02(2), 248–255.
  65. www.journal.unismuh.ac.id/perspektif%0APENERAPAN
  66. Okthavia, W., Fauziya, D. S., & Kamaluddin, T. (2022). Penerapan Media Film Pendek Untuk
  67. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita. 5, 193–202.
  68. Prayitno, J. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Taman
  69. Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. ARTIKEL E-JOURNAL UNY.
  70. Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata
  71. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal
  72. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.
  73. Salinda, C., Gasanti, R., & Solihin, R. K. (2023). Model discovery learnimg dan media
  74. audiovisual dalam pembelajaran menulis teks biografi. Prosiding Serimbi, 1(1), 17–23.
  75. https://serimbi.pbsiyasika.com/index.php/serimbi/article/view/5
  76. Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan
  77. Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal
  78. PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16.
  79. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
  80. Septeria, N. M. I., Supendi, D. A., & Setiadi, D. (2020). Pengaruh Metode Copy The Master
  81. Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Berbentukan Wag Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri
  82. Kota Sukabumi. 4(1), 207–208. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
  83. Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas
  84. V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
  85. Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Parafrasa: Jurnal
  86. Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.
  87. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1902%0Ahttps://jurnal.unikal.a
  88. c.id/index.php/parafrasa/article/viewFile/1902/1151
  89. Sudirman. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan
  90. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi MIPA 3 SMA Negeri 2
  91. Parepare. Istiqra’, 8(1).
  92. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  93. Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan
  94. Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan
  95. Sastra, 21(1), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.07
  96. Supriatna, D. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Melalui
  97. Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X-Ipa Di Sman 5 Bekasi Pada
  98. Tahun 2017/2018. Research and Development Journal of Education, 5(1), 125.
  99. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3393
  100. Suryadi, R., & Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin
  101. Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 314–
  102. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
  103. Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam
  104. Di Mata Ibu†Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. BAHTERA
  105. INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–8.
  106. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j
  107. .reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsev
  108. ier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A
  109. E295FCD8
  110. Wiriaatmadja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya Offset.