Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v3i1.19492Keywords:
quality of learning activities, writing ability, short storiesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan mutu aktivitas pembelajaran serta kemampuan menulis cerita pendek dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan emansipatoris dan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes menulis cerita pendek. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Aktivitas pembelajaran menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) Kemampuan menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.
This research aims to analyze improving the quality of learning activities and the ability to write short stories using the discovery learning method using audio-visual media in Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. The research method uses an emancipatory action research approach and a type of classroom action research. The data source used was 8 grade 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Data collection in this research was carried out using observation techniques and short story writing tests. The data analysis technique in this research is the Miles & Huberman qualitative descriptive model. The research results found that (1) The learning activity of writing short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media for Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) The ability to write short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media to Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.
Downloads
References
Afdillah, N. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Discovery Learning
Tentang Tumbuhan dan Fungsi Bagian-bagiannya Di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah 3 Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo. Journal of Chemical Information
and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ahmad, B. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek siswa Kelas VI SD
Negeri Karangjati dengan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan). Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 95–102.
Ahmad, K., Br Ginting, S. U., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik
Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Smk Swasta Maju Binjai
Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7–19.
https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257
Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of
Education Action Research, 2(2), 142–148.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery
Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.
Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.
Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.
https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fujirti, V. R., Nurjamin, A., & Kartini, A. (2019). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Buku
KUMPULAN Cerpen Doa Untuk Sebuah Negeri Karya Julianty Ismail. Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(3), 220–226.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Hatiningsih, S., & Hanik, E. U. (2023). Penerapan model discovery learning berbantuan
audiovisual pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iv mi nu islamiyah kaliwungu
kudus. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 321–329.
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.533
Khaerunnisa, K. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual
terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas XI
di SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan). Lingua Franca:Jurnal Bahasa,
Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 71. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2052
Khasanah, S. (2020). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan.
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 402–410.
Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning
Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat
Menjadi Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.
Mastini., D. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran
Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Cerpen, 1,
–34.
Mayora, Syahrul, & Tressyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media
Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1
Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2),
–200. https://doi.org/10.24036/107466-019883
Muhammad, F., & Hupiah, H. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin
NW Pancor 2018/2019. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2),
https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.1065
Mulyadi, Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal
Visipena, 9(1), 131–146.
Nisa, A. K. A., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). Penerapan Media Video dan Model Discovery
Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Teks Cerpen Kelas IX di SMPN
Depok. Basastra, 11(3), 216. https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39368
Nugraheni, N. (2017). Pendampingan Pembuatan Media Audiovisual dalam Pembelajaran di
Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 8(1), 120–126.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/download/16480/8372
Nurham. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan
Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 4 Parepare. PERSPEKTIF:
Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 02(2), 248–255.
www.journal.unismuh.ac.id/perspektif%0APENERAPAN
Okthavia, W., Fauziya, D. S., & Kamaluddin, T. (2022). Penerapan Media Film Pendek Untuk
Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita. 5, 193–202.
Prayitno, J. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Taman
Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. ARTIKEL E-JOURNAL UNY.
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal
Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.
Salinda, C., Gasanti, R., & Solihin, R. K. (2023). Model discovery learnimg dan media
audiovisual dalam pembelajaran menulis teks biografi. Prosiding Serimbi, 1(1), 17–23.
https://serimbi.pbsiyasika.com/index.php/serimbi/article/view/5
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal
PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16.
https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
Septeria, N. M. I., Supendi, D. A., & Setiadi, D. (2020). Pengaruh Metode Copy The Master
Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Berbentukan Wag Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri
Kota Sukabumi. 4(1), 207–208. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas
V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Parafrasa: Jurnal
Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.
https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1902%0Ahttps://jurnal.unikal.a
c.id/index.php/parafrasa/article/viewFile/1902/1151
Sudirman. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi MIPA 3 SMA Negeri 2
Parepare. Istiqra’, 8(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan
Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan
Sastra, 21(1), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.07
Supriatna, D. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Melalui
Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X-Ipa Di Sman 5 Bekasi Pada
Tahun 2017/2018. Research and Development Journal of Education, 5(1), 125.
https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3393
Suryadi, R., & Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin
Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 314–
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam
Di Mata Ibu†Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. BAHTERA
INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–8.
http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j
.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsev
ier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A
E295FCD8
Wiriaatmadja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.