Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan mutu aktivitas pembelajaran serta kemampuan menulis cerita pendek dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan emansipatoris dan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes menulis cerita pendek. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Aktivitas pembelajaran menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) Kemampuan menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.
This research aims to analyze improving the quality of learning activities and the ability to write short stories using the discovery learning method using audio-visual media in Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. The research method uses an emancipatory action research approach and a type of classroom action research. The data source used was 8 grade 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Data collection in this research was carried out using observation techniques and short story writing tests. The data analysis technique in this research is the Miles & Huberman qualitative descriptive model. The research results found that (1) The learning activity of writing short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media for Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) The ability to write short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media to Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Afdillah, N. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Discovery Learning
- Tentang Tumbuhan dan Fungsi Bagian-bagiannya Di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
- Muhammadiyah 3 Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo. Journal of Chemical Information
- and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Ahmad, B. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek siswa Kelas VI SD
- Negeri Karangjati dengan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan). Jurnal
- Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 95–102.
- Ahmad, K., Br Ginting, S. U., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik
- Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Smk Swasta Maju Binjai
- Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7–19.
- https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257
- Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
- Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model
- Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of
- Education Action Research, 2(2), 142–148.
- https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
- Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery
- Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.
- Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.
- Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.
- Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.
- https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
- Fujirti, V. R., Nurjamin, A., & Kartini, A. (2019). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Buku
- KUMPULAN Cerpen Doa Untuk Sebuah Negeri Karya Julianty Ismail. Jurnal Pendidikan
- Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(3), 220–226.
- Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap
- Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
- Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
- Hatiningsih, S., & Hanik, E. U. (2023). Penerapan model discovery learning berbantuan
- audiovisual pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iv mi nu islamiyah kaliwungu
- kudus. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 321–329.
- https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.533
- Khaerunnisa, K. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual
- terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas XI
- di SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan). Lingua Franca:Jurnal Bahasa,
- Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 71. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2052
- Khasanah, S. (2020). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan.
- Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 402–410.
- Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning
- Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat
- Menjadi Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.
- Mastini., D. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran
- Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Cerpen, 1,
- –34.
- Mayora, Syahrul, & Tressyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media
- Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1
- Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2),
- –200. https://doi.org/10.24036/107466-019883
- Muhammad, F., & Hupiah, H. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk
- Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin
- NW Pancor 2018/2019. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2),
- https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.1065
- Mulyadi, Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk
- Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal
- Visipena, 9(1), 131–146.
- Nisa, A. K. A., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). Penerapan Media Video dan Model Discovery
- Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Teks Cerpen Kelas IX di SMPN
- Depok. Basastra, 11(3), 216. https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39368
- Nugraheni, N. (2017). Pendampingan Pembuatan Media Audiovisual dalam Pembelajaran di
- Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 8(1), 120–126.
- https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/download/16480/8372
- Nurham. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan
- Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 4 Parepare. PERSPEKTIF:
- Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 02(2), 248–255.
- www.journal.unismuh.ac.id/perspektif%0APENERAPAN
- Okthavia, W., Fauziya, D. S., & Kamaluddin, T. (2022). Penerapan Media Film Pendek Untuk
- Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita. 5, 193–202.
- Prayitno, J. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Taman
- Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. ARTIKEL E-JOURNAL UNY.
- Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata
- Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal
- Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.
- Salinda, C., Gasanti, R., & Solihin, R. K. (2023). Model discovery learnimg dan media
- audiovisual dalam pembelajaran menulis teks biografi. Prosiding Serimbi, 1(1), 17–23.
- https://serimbi.pbsiyasika.com/index.php/serimbi/article/view/5
- Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan
- Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal
- PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16.
- https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
- Septeria, N. M. I., Supendi, D. A., & Setiadi, D. (2020). Pengaruh Metode Copy The Master
- Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Berbentukan Wag Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri
- Kota Sukabumi. 4(1), 207–208. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
- Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas
- V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
- Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Parafrasa: Jurnal
- Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.
- https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1902%0Ahttps://jurnal.unikal.a
- c.id/index.php/parafrasa/article/viewFile/1902/1151
- Sudirman. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan
- Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi MIPA 3 SMA Negeri 2
- Parepare. Istiqra’, 8(1).
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan
- Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan
- Sastra, 21(1), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.07
- Supriatna, D. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Melalui
- Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X-Ipa Di Sman 5 Bekasi Pada
- Tahun 2017/2018. Research and Development Journal of Education, 5(1), 125.
- https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3393
- Suryadi, R., & Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin
- Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 314–
- http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
- Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam
- Di Mata Ibu†Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. BAHTERA
- INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–8.
- http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j
- .reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsev
- ier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A
- E295FCD8
- Wiriaatmadja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya Offset.