Nilai Moral Cerita Fabel Karya Ahmad Filyan Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang nilai moral pada cerita pendek fabel karya Ahmad filyan sebagi bahan ajar apresiasi sastra kelas tinggi di sekolah dasar. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian dokumen analisis yaitu menganalisis isi dari cerita pendek fabel karya Ahmad Filyan. Instrumen yang digunakan teknik baca dan catat. Teknik pengumpulan data penulis membaca berulangulang cerita pendek fabel karya Ahmad Filyan kemudian menganalisis nilai moral yang terkandung pada cerita pendek tersebut dan kemudian mencatatnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada cerita pendek fabel karya Ahmad Filyan terdapat nilai moral yang menunjukkan adanya kejujuran, kesediaan untuk bertanggung jawab, kemandirian moral, keberanian moral, dan kerendahan hati. Sehingga bisa menjadi bahan ajar apresiasi sastra pada kelas tinggi Sekolah Dasar.
This research aims to obtain a clear description of the moral values in the short fables written by Ahmad Filyan as teaching material for literary appreciation in upper elementary classes. The research method used is qualitative descriptive. The type of research is document analysis, which involves analyzing the content of the short fables by Ahmad Filyan. The instrument used is the reading and notetaking technique. The data collection technique involves reading the short fables by Ahmad Filyan repeatedly, analyzing the moral values contained in the short stories, and then recording them. The results of the research show that in the short fables by Ahmad Filyan, there are moral values that indicate honesty, a willingness to take responsibility, moral independence, moral courage, and humility. Therefore, they can be used as teaching material for literary appreciation in upper elementary clas
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Aeni, A. N. (2018). Pendidikan nilai, moral dan karakter. (Y. Mulyadi, Ed.) Bandung: UPI
- Press, 2018.
- Albersmeir, F. (2020). Analysis, Explication, and The nature of Concepts. -: in Logical Analysis
- and History of Philosophy.
- Filyan, A. (2023). Kancil Melawan Harimau. Surabaya: Serba Jaya Surabaya.
- Filyan, A. (2023). Kenakalan Anak Tupai. Surabaya: Serba Jaya Surabaya.
- Filyan, A. (2023). Kesombongan Semut. Surabaya: Serba Jaya Surabaya.
- Filyan, A. (2023). Landak yang Kesepian. Surabaya: Serba Jaya Surabaya.
- Filyan, A. (2023). Petualangan Anjing dan Ayam. Surabaya: Serba Jaya Surabaya.
- Filyan, A. (2023). Siasat Kepiting. Surabaya: Serba Jaya Surabaya.
- Frondizi, R. (2001). Pengantar Filsafat Etika. (C. Ananta, Ed.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Mujiatun, M., Setiyadi, D., & Ricahyono, S. (2022). Nilai-nilai karakter dalam novel surga juga
- di kaki ayah karya gol a gong dan langlang randhawa dan relevansinya sebagai bahan ajar
- pendidikan karakter di Sekolah Dasar kelas VI. Wewarah: Jurnal Pendidikan
- Multidisipliner, 1(3), 234–238. https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14058
- Nurgiyantoro & Efendi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Sastra Berbasis
- Sastra Remaja untuk Menunjang Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jogja:
- Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing UNY.
- Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
- Sulistyaningsih, A., Cahyono, B. E. H., & Irawati, L. (2022). Nilai karakter dan kearifan lokal
- dalam cerita rakyat di Kabupaten Ngawi serta sumbangannya bagi pembelajaran Bahasa
- Indonesia di Sekolah Dasar. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(3), 239–250.
- https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14059
- Wibowo, A., Wuryantoro, A., & Ricahyono, S. (2022). Nilai-nilai moral dalam novel ayat-ayat
- cinta karya habiburrahman el shirazy. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1),
- –54. https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11806