Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Reka Gambar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Siswa Kelas VI SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Puji Nur Rahayu
Dwi Setiyadi
Sigit Ricahyono

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran penemuan teknik rekonstruksi gambar. Siswa menggunakan foto cetakan untuk presentasi mereka pada Siklus I, namun grafik PowerPoint yang menarik digunakan pada Siklus II. Rata-rata nilai kemampuan berbicara pada Siklus I sebesar 66,33 dengan ketuntasan 66%, sedangkan pada Siklus II nilai rata-rata kemampuan berbicara sebesar 80,0 dengan ketuntasan 80%. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasilnya, penggunaan rekonstruksi gambar bersamaan dengan pembelajaran eksplorasi membantu siswa menjadi pembicara yang lebih mahir. Namun, ada masalah dengan kemampuan generalisasinya untuk semua lingkungan pembelajaran.

The goal of the study was to improve speaking abilities by using the discovery learning model to the picture reconstruction technique. Students used print-out photos for their presentations in Cycle I, but interesting PowerPoint graphics were used in Cycle II. The average speaking ability score in Cycle I was 66.33 with 66% mastery, while Cycle II's average score was 80.0 with 80% mastery. These results revealed a significant improvement. As a result, using picture reconstruction in conjunction with exploration learning helps students become more proficient speakers. However, there are issues with its generalizability to all learning environments

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT
  2. Prestasi Pustakaraya.
  3. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  4. Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  5. Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi
  6. Aksara.
  7. Fathurrohman, P & Sutikno, S. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika
  8. Aditama.
  9. Harla, Rabani, L., M, M., & Hasan, S. (2023). Peningkatkan keterampilan berbicara melalui
  10. penerapan model pembelajaran discovery learning siswa kelas va. Journal of Basication
  11. (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 157–167.
  12. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.18
  13. Hendrizal, Jendriadi & Zein, Riwayati (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery
  14. Learning. Jawa Timur: Kun Fayakun
  15. https://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/download/9558/pdf
  16. https://www.academia.edu/40011101/PENGGUNAAN_TEKNIK_PEMBELAJARAN_REKA_
  17. CERITA_GAMBAR_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERBICARA_B
  18. AHASA_INDONESIA
  19. https://wyw1d.wordpress.com/2009/11/21/model-pembelajaran-reka-cerita-gambar/
  20. Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo
  21. Persada.
  22. Mulyati, Y., dkk. (2013). Bahasa Indonesia. Banten: Kementerian Pendidikan dan Pendidikan.
  23. Nanuru, D., & Sahetapy, S. (2022). Meningkatkan keterampilan berbicara melalui model
  24. pembelajaran discovery learning pada siswa kelas v sd negeri seilale kecamatan nusaniwe
  25. ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 28–34.
  26. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue1page28-34
  27. Novianti, A. D., & Triyanasari, D. (2023). Peningkatan hasil belajar tematik integratif di sdn
  28. kawedanan 3 kelas 3 melalui model discovery learning. Pendas : Jurnal Ilmiah
  29. Pendidikan Dasar, 8(1), 2113–2117.
  30. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8314
  31. Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja
  32. Rosdakarya.
  33. Ratmantika, C. J., Sudarmaji, S., & Angraini, N. (2021). Pengaruh penerapan discovery learning
  34. terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas xi smk persada tahun
  35. pelajaran 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra
  36. Indonesia, 3(1), 1–12. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/107
  37. Saddhono, K., & Slamet, St.Y. (2013). Kementrian pendidikan dan kebudayaan tentang metode
  38. pembelajaran penemuan atau Discovery Learning Kemendikbud, 2013
  39. Saddhono, K., & Slamet, St.Y. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia
  40. (Teori dan Aplikasi). Bandung: CV Karya Putra Darwati.
  41. Sanaky, dan Faizah Hujair AH, S. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif.
  42. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
  43. Slamet, St.Y. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Surakarta:
  44. Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan
  45. UNS (UNS Press).
  46. Solchan T.W., dkk. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Departemen
  47. Pendidikan Nasional.
  48. Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  49. Tarigan, H. G. (2018). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Surakarta: Lembaga
  50. Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS
  51. Press).
  52. Uno, H.B. (2014). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif
  53. dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara