Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Reka Gambar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v2i3.19430Keywords:
Speaking Ability, Picture Design Techniques, Discovery Learning ModelAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran penemuan teknik rekonstruksi gambar. Siswa menggunakan foto cetakan untuk presentasi mereka pada Siklus I, namun grafik PowerPoint yang menarik digunakan pada Siklus II. Rata-rata nilai kemampuan berbicara pada Siklus I sebesar 66,33 dengan ketuntasan 66%, sedangkan pada Siklus II nilai rata-rata kemampuan berbicara sebesar 80,0 dengan ketuntasan 80%. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasilnya, penggunaan rekonstruksi gambar bersamaan dengan pembelajaran eksplorasi membantu siswa menjadi pembicara yang lebih mahir. Namun, ada masalah dengan kemampuan generalisasinya untuk semua lingkungan pembelajaran.
The goal of the study was to improve speaking abilities by using the discovery learning model to the picture reconstruction technique. Students used print-out photos for their presentations in Cycle I, but interesting PowerPoint graphics were used in Cycle II. The average speaking ability score in Cycle I was 66.33 with 66% mastery, while Cycle II's average score was 80.0 with 80% mastery. These results revealed a significant improvement. As a result, using picture reconstruction in conjunction with exploration learning helps students become more proficient speakers. However, there are issues with its generalizability to all learning environments
Downloads
References
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT
Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Fathurrohman, P & Sutikno, S. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika
Aditama.
Harla, Rabani, L., M, M., & Hasan, S. (2023). Peningkatkan keterampilan berbicara melalui
penerapan model pembelajaran discovery learning siswa kelas va. Journal of Basication
(JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 157–167.
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.18
Hendrizal, Jendriadi & Zein, Riwayati (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery
Learning. Jawa Timur: Kun Fayakun
https://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/download/9558/pdf
https://www.academia.edu/40011101/PENGGUNAAN_TEKNIK_PEMBELAJARAN_REKA_
CERITA_GAMBAR_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERBICARA_B
AHASA_INDONESIA
https://wyw1d.wordpress.com/2009/11/21/model-pembelajaran-reka-cerita-gambar/
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Mulyati, Y., dkk. (2013). Bahasa Indonesia. Banten: Kementerian Pendidikan dan Pendidikan.
Nanuru, D., & Sahetapy, S. (2022). Meningkatkan keterampilan berbicara melalui model
pembelajaran discovery learning pada siswa kelas v sd negeri seilale kecamatan nusaniwe
ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 28–34.
https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue1page28-34
Novianti, A. D., & Triyanasari, D. (2023). Peningkatan hasil belajar tematik integratif di sdn
kawedanan 3 kelas 3 melalui model discovery learning. Pendas : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 8(1), 2113–2117.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8314
Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Ratmantika, C. J., Sudarmaji, S., & Angraini, N. (2021). Pengaruh penerapan discovery learning
terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas xi smk persada tahun
pelajaran 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia, 3(1), 1–12. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/107
Saddhono, K., & Slamet, St.Y. (2013). Kementrian pendidikan dan kebudayaan tentang metode
pembelajaran penemuan atau Discovery Learning Kemendikbud, 2013
Saddhono, K., & Slamet, St.Y. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia
(Teori dan Aplikasi). Bandung: CV Karya Putra Darwati.
Sanaky, dan Faizah Hujair AH, S. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif.
Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Slamet, St.Y. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Surakarta:
Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan
UNS (UNS Press).
Solchan T.W., dkk. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, H. G. (2018). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Surakarta: Lembaga
Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS
Press).
Uno, H.B. (2014). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif
dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.