Pengaruh Kegemaran Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah 4, Kabupaten Ngawi

Sri Agustina, Dwi Setiyadi, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Kemampuan bercerita menjadi salah satu kemampuan berbahasa Indonesia yang harus dikuasai sesuai dengan Kurikulum 2013. Ada beberapa faktor yang juga bisa menambah dan di duga  dapat mempengaruhi keterampilan bercerita, yakni minat baca dan penguasaan kosakata. Semakin banyak membaca dimungkinkan akan semakin banyak kosa kata yang dimiliki sehingga memungkinkan peserta didik untuk mensimulasikan kata atau kalimat. Hipotesis penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh antara tingkat kegemaran membaca dengan kemampuan bercerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah 4  tahun pelajaran 2021/2022. (2) Ada pengaruh antara tingkat penguasaan kosa kata dengan kemampuan bercerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah tahun pelajaran 2021/2022. (3) Ada pengaruh bersama antara tingkat kegemaran membaca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan bercerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah 4  tahun pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV, dengan teknik simple random sample maka sampel penelitian adalah kelas IV B sejumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh positif antara tingkat kegemaran membaca dengan kemampuan bercerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah 4  tahun pelajaran 2021/2022. (2) Ada pengaruh positif antara tingkat penguasaan kosa kata dengan kemampuan bercerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah tahun pelajaran 2021/2022. (3) Ada pengaruh positif bersama antara tingkat kegemaran membaca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan bercerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangtengah 4  tahun pelajaran 2021/2022. Semakin tinggi kegemaran membaca dan penguasaan kosakata maka semakin tinggi pula kemampuan bercerita siswa

Keywords


kegemaran membaca, penguasaan kosa kata, kemampuan bercerita, siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2009). Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VI SD 03 Kaliyoso Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arif, N. A., Rahim, R., & Samsuri, H. A. S. (2022). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara siswa sd negeri 63 sambueja kabupaten maros. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1362–1369. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2163.

Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Bandung: ITB.

Harahap, E.H. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Education And Development STKIP Tapanuli Selatan, 4 (4).

Hikmatin, T. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 286–292. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6696.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter,Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096.

Yuliana, Y. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288–297. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708


Article Metrics

Abstract has been read : 224 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i1.15658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats