Peningkatan Motivasi dan Kreativitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Microsoft Teams 365 pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Madiun

Roro Sari Lianawati Wirdaningtyas, Sudarmiani Sudarmiani

Abstract


Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams 365 pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Madiun pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada siklus I yaitu 59%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data motivasi belajar siswa meningkat yaitu 71%. Penerapan model ini dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada siklus I yaitu 60%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data kreativitas belajar siswa meningkat yaitu 76%. Penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada siklus I yaitu 62,8 dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 69%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data hasil belajar siswa meningkat yaitu 77,8 dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada siklus II meningkat sebesar 78%.

Keywords


Flipped Classroom, Microsoft Teams 365, Motivasi, Kreativitas, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, 2019; Andriyani & Suhendri, 2019; Damayanti & Sutama, 2016; Imania & Bariah, 2020; Kurnia, 2015; Lestari & Istiqomah, 2018; Nasrah, 2020; Pradita, 2020; Pudjianto et al., 2021; Shufani, 2019; Situmeang et al., 2021; Yuliyatno, 2020).

Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus Transformasi Geometri. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 49–60.

Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus. 1(2): 49-60.

Aminatun. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi belajar Fisika. Matematika dan Pengetahuan Alam. Pendidikan Fisika. Universitas Pendidikan Ganesha:Bali.

Andriyani, A., & Suhendri, S. (2019). Model Flipped Classroom Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287–292. https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.941.

Antika, Rindi. 2015. Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia:Jakarta.

Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799.

Firdaus, C. C. , dkk. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. 2(1): 43-52.

Imania, K. A. N. , dan Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. 6(2): 45-50.

Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Petik, 6(2), 45–50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859.

Ishak, T. , dkk. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Informasi dan E-Administrasi. 4(2): 89-95.

Kartini, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 18 Surabaya. 2(2): 328-341.

Kurnia. (2015). Penerapan model. Jurnal Pepatudzu, 9(1), 72–84.

Lestari, A. D., & Istiqomah, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Di Kelas XII SMK N 1 Gedangsari. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 83–90. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2003.

Makmur, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsimpuan. 1(1).

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nurkhasanah, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pembelajaran Jarah Jauh untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA. 8(2): 256-263.

Pradita, D. W. (2020). Teori Dan Praktik Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Repository.Usd.Ac.Id, 58. https://repository.usd.ac.id/38590/2/131324025_full.pdf.

Pradita, Denis Willy. (2020). Teori dan Praktik Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Tugas Akhir: Universitas Sanata Dharma.

Pudjianto, U,. dkk. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom. 21(1): 86-93.

Pudjianto, U., Saurina, N., Pratama, F. H., & Adisusilo, A. K. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 86–93. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.4658.

Rubiana, E. P. , dan Dadi. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. VIII(2): 12-17.

Rusnawati, M. D,. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. 4(1): 139-150.

Sakti, Bunthas Permana. (2012). Penerapan Model Card Sort untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Gedangsari, Gunungkidul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, J N. 2016. Hubungan Antara Minat Baca dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Ilmu Pendidikan. PGSD. Universitas Negeri Semarang:Semarang.

Shufani, N. I. (2019). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas Iv Sd Se-Dabin I Kecamatan Tegal Selatan …. https://lib.unnes.ac.id/34594/

Sidik, Z. , Soebandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivassi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. 3(2): 190-198.

Situmeang, R., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Clasroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 278–284. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.1793.

Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. 02(01): 30-35.

Suharni dan Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, 3(1): 131-145.

Ubaidillah, M. (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya. 19(1): 34-45.

Widyaningrum, dan Harnanik. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII Pemasaran pada Pembelajaran Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Purbalingga. 5(3): 729-735.

Widyastuti, D,. dan Sujadi, A. A,. (2018). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom di Kelass XI SMK N 1 Yogya. 6(1): 83-90.

Yuliyatno. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Schoology Platform untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kualitas Pembelajaran PPKn di Era 4.0. Jurnal Humaniora, 7(3), 1222–1230.


Article Metrics

Abstract has been read : 223 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i1.15641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats