Peningkatan Motivasi dan Kreativitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Microsoft Teams 365 pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Madiun
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams 365 pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Madiun pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada siklus I yaitu 59%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data motivasi belajar siswa meningkat yaitu 71%. Penerapan model ini dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada siklus I yaitu 60%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data kreativitas belajar siswa meningkat yaitu 76%. Penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada siklus I yaitu 62,8 dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 69%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data hasil belajar siswa meningkat yaitu 77,8 dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada siklus II meningkat sebesar 78%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Abidin, 2019; Andriyani & Suhendri, 2019; Damayanti & Sutama, 2016; Imania & Bariah, 2020; Kurnia, 2015; Lestari & Istiqomah, 2018; Nasrah, 2020; Pradita, 2020; Pudjianto et al., 2021; Shufani, 2019; Situmeang et al., 2021; Yuliyatno, 2020).
- Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus Transformasi Geometri. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 49–60.
- Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus. 1(2): 49-60.
- Aminatun. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi belajar Fisika. Matematika dan Pengetahuan Alam. Pendidikan Fisika. Universitas Pendidikan Ganesha:Bali.
- Andriyani, A., & Suhendri, S. (2019). Model Flipped Classroom Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287–292. https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.941.
- Antika, Rindi. 2015. Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia:Jakarta.
- Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
- Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799.
- Firdaus, C. C. , dkk. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. 2(1): 43-52.
- Imania, K. A. N. , dan Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. 6(2): 45-50.
- Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Petik, 6(2), 45–50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859.
- Ishak, T. , dkk. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Informasi dan E-Administrasi. 4(2): 89-95.
- Kartini, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 18 Surabaya. 2(2): 328-341.
- Kurnia. (2015). Penerapan model. Jurnal Pepatudzu, 9(1), 72–84.
- Lestari, A. D., & Istiqomah, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Di Kelas XII SMK N 1 Gedangsari. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 83–90. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2003.
- Makmur, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsimpuan. 1(1).
- Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
- Nurkhasanah, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pembelajaran Jarah Jauh untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA. 8(2): 256-263.
- Pradita, D. W. (2020). Teori Dan Praktik Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Repository.Usd.Ac.Id, 58. https://repository.usd.ac.id/38590/2/131324025_full.pdf.
- Pradita, Denis Willy. (2020). Teori dan Praktik Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Tugas Akhir: Universitas Sanata Dharma.
- Pudjianto, U,. dkk. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom. 21(1): 86-93.
- Pudjianto, U., Saurina, N., Pratama, F. H., & Adisusilo, A. K. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 86–93. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.4658.
- Rubiana, E. P. , dan Dadi. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. VIII(2): 12-17.
- Rusnawati, M. D,. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. 4(1): 139-150.
- Sakti, Bunthas Permana. (2012). Penerapan Model Card Sort untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Gedangsari, Gunungkidul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Sari, J N. 2016. Hubungan Antara Minat Baca dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Ilmu Pendidikan. PGSD. Universitas Negeri Semarang:Semarang.
- Shufani, N. I. (2019). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas Iv Sd Se-Dabin I Kecamatan Tegal Selatan …. https://lib.unnes.ac.id/34594/
- Sidik, Z. , Soebandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivassi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. 3(2): 190-198.
- Situmeang, R., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Clasroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 278–284. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.1793.
- Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. 02(01): 30-35.
- Suharni dan Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, 3(1): 131-145.
- Ubaidillah, M. (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya. 19(1): 34-45.
- Widyaningrum, dan Harnanik. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII Pemasaran pada Pembelajaran Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Purbalingga. 5(3): 729-735.
- Widyastuti, D,. dan Sujadi, A. A,. (2018). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom di Kelass XI SMK N 1 Yogya. 6(1): 83-90.
- Yuliyatno. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Schoology Platform untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kualitas Pembelajaran PPKn di Era 4.0. Jurnal Humaniora, 7(3), 1222–1230.