Penerapan Lesson Study Dalam Peningkatan Kompetensi Guru IPS dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 8A SMPN 1 Ngrayun Kab. Ponorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru yang berimplikasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan lesson study.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Ngrayun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, teknik hasil belajar dan wawancara. Prosedur penelitian dimulai dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis data aktivitas guru dan analisis data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai observasi guru dari mulai siklus I mencapai nilai 80,67 meningkat menjadi 84,33 di siklus II. Peningkatan nilai observasi guru berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai prasiklus 67,7 meningkat menjadi 76,8 pada siklus I dan meningkat di angka 80,1 pada siklus II
Keywords
References
Ahmadi, F., & Hamang, M. N. (2017). Penerapan lesson study dalam meningkatkan kompetensi guru dan implikasinya terhadap kualitas pembelajaran fiqih. Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/278
Amy Tenzer. (2011). Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study di SMA BSS Malang. Prossiding Seminar Nasional Universitas Negeri Malang Vol 3 Tahun 2011 hal 53-59.
Andriani, Rini. 2014. Macam-Macam Instrumen Penelitian. http://www.membumikanpendidikan.com/2014/09/macam-macaminstrumen-penelitian.html. Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021 pada pukul 16.00 WIB)
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Moleong, Lexy, J. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasana, Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nico, Sudarmini, Rifai. (2021) Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Jurnal. Universitas Wiralodra Jawa Barat P-ISSn 1693-7945, E-ISSN: 2622-1969 Gema Wiralodra Vol 12, No. 2, Oktober 2021.
Nurhaji, R & Sudarmiani. (2020). Application of Problem Based Learning (PBL) Model By Microsoft Power Point Media to Improve Activities and Results of Learning Social Science of SMP in Madiun. Social Sciences, Humanities and Education Journal (SHE Journal), 1 (1), 1-12. DOL: 10.25279/she.vli2.6620.
Panduan untuk Lesson study Berbasis MGMP dan Lesson study Berbasis Sekolah
(tt.p.: JICA, 2011).
Prayogi, S. (2011). Pengaruh persepsi siswa tentang penerapan lesson study dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi di sma laboratorium universitas negeri malang [Thesis, UNS (Sebelas Maret University)]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/18269/Pengaruh-Persepsi-Siswa-Tentang-Penerapan-Lesson-Study-dan-Aktivitas-Belajar-Terhadap-Prestasi-Belajar-Mata-Pelajaran-Ekonomi-Siswa-Kelas-Xi-di-Sma-Laboratorium-Universitas-Negeri-Malang
Rock, Tracy C, and Cathy Wilson. (2005). Improving teaching though lesson study. Teacher education Quarterly, Vol. 32, No.1, Considering Issues of Diversity though Professional Contexts (Winter 2005), pp77-92 Publisher by: Caddo Gap Press. https://www.jstor.org/stable/234786910. Diunduh pada (5 Januari 2021)
Soedijarto. 2008. Landasan Dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta : Buku Kompas
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Susilo, H. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah “Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif”. Malang: Bayumedia Publising.
Yoshida, Makoto dan Clea Fernandez. 2004. Lesson Study: A Japanese Approach to Improving Mathemathics Teaching and Learning. Mahmah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher
Article Metrics
Abstract has been read : 184 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times PDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i1.15639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun
ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.