Penerapan Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN Milangsari 2 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v2i1.15543Keywords:
Listening, Chain Whisper, IndonesianAbstract
Downloads
References
Adriana. D. (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak.Jakarta: Selemba Medika.
Agung Budi Kurniawan & Saptanto Hari Wibawa. (2014). Pelatihan Pengajaran Micro Teaching. Surakarta : Oase Pustaka.
Akhadiah dkk.(2016) .Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barus (2018) Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia Di Sekolah, http://digilib.unimed.ac.id/1000/1/FullText.pdf
Djiwandono, Soernadi. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Dwijawiyata.(2013). Mari Bermain. Yogyakarta: Kanisius.
Fadhillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta, Kencana.
Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ike Lovita, dkk (2021) , Studi Permainan Bisik Berantai Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, yang dimuat dalam jurnal JCE (Journal of Childhood Education) Vol. 5 No. 1 Tahun 2021.
Kartono, dan Halidjah, (2013) Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunakan Teknik Permainan Berbisik Berantai di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh, (Artikel Penelitian pada Universitas Tanjung Pura Pontianak: Pontianak, 2013),
KBBI, (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/rehabilitasi [Diakses 21 Desember 2020].
Madjid, Abdul. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja, Jogyakarta, Samudra Biru.
Madjid., Abdul (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.
Madya, Suwarsih. (2006). Teori dan Taktik Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Alfabeta.
Meilinda, Lina Dkk (2019) Kesulitan Menyimak dan Strategi Mahasiswa dalam Memahami Bagian Listening Comprehension pada Tes TOEIC,Jurnal Bahasa Inggris Terapan, Vol. 5/ Nomor 1/ April 2019.
Moleong, Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mujib dan Rahmawati,(2011) Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Mulyasa. (2014) Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutiara Ernanda Putri, (2021), Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Salsabila Kecamatan Medan Marelan, dalam Jurnal Bunga Rampai Usia Emas Vol. 7 No. 1 Juni 2021.
Naisaban, L. (2003). Psikologi Jung : Tipe Kepribadian Manusia dan Rahasia Sukses dalam Hidup (Tipe Kebijaksanaan Jung). Jakarta : PT. Grasindo.
Nani, Dkk (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang, Journal Of Educational Review And Research Vol. 2 No. 1, July 2019: 55 – 62.
Nurbudiyani, (2013) Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya, Anterior Jurnal, Volume 13 Nomor 1, Desember 2013, Hal 88 – 93.
Nurgiantoro, Burhan (2013). Penilaian Pembelajan Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurhalimah (2020) Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii Sdn 136 Pekanbaru,jurnal Primary: jurnal pendidikan guru sekolah dasar,Volume 9 nomor 3 Juni 2020, Issn:
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Bandung: Citra Umbara.
Purwanto, Ngalim (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, Delia (2018) Penerapan Metode Game “Bisik Berantai†Dalam Meningkatakan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Sekolah Dasar, termuat pada Indonesian Journal of Basic Education p-ISSN 2615-5796 Vol. 1 Nomor 2 Juli 2018.
Riskiyah. (2011). Peningkatan Kompetensi Menulis Melalui Cerita Berantai dengan Gambar Seri bagi Siswa Kelas 1 SDN Ellak Laok IV Kecamatan Lenteng (PTK). Jakarta: Jurnal Cendekia.
Rosa, Friska Octavia. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidika Fisika, OMEGA. Vol.1 No.2 (2015). 24-28.
Rusman, (2010). Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers,
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.
Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Saminanto. (2010). Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: Rasail Media Grup.
Sanjaya, Wina (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada Media.
Subana dan Sunarti, (2011) Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia : Sebagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran, Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto Dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, dan Syaodih. (2012). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Tarigan.(2018). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan . Bandung: Angkasa.
Widyanti, Hilda Dkk (2018) Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di Tk Rian Kumarajaya, Jurnal Ceria Vol.1 | No.1 | Januari 2018.
Widyanti, Hilda, Dkk (2019), , Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di Tk Rian Kumarajaya, dalam jurnal Certia, Vol.2 | No.3 | Mei 2019, ISSN : 2614-63
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.