METODE MEMBACA NYARING PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERBICARA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 MAOSPATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sunarto Sunarto

Abstract

Abstrak artikel Membaca (reading) dan berbicara (speaking) merupakan kemampuan bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Hal ini sangat penting untuk dapat menuntaskan kompetensi utama yaitu kompetensi wacana yang difokuskan pada kemampuan berkomunikasi baik secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris. Dalam pengajaran Bahasa Inggris di Kelas VII C Semester I SMP Negeri 2 Maospati digunakan metode membaca nyaring untuk menumbuhkan keberanian siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Dikarenakan metode ini sangat mudah selain itu tidak membosankan dan bahasa yang digunakan dalam materinya sudah lazim di telinga siswa maka guru memilih metode ini untuk dipakai di kelas VII. Mengingat juga kompetensi yang harus dicapai yaitu siswa dapat membaca dan berbicara dengan benar, lancar dan akurat khususnya pada pronounciation dan intonation. Selain menumbuhkan keberanian berbicara metode ini juga bertujuan lain, siswa dapat membaca dengan tepat kata, phrase atau kalimat. Metode membaca nyaring ini dilakukan pada materi reading (membaca teks) dan speaking (memperagakan dialog di depan kelas). Dalam pelaksanaanya juga ditambah dengan permainan sebagai pelengkap. Sedangkan hasil akhir metode ini dapat dilihat pada saat siswa melakukan evaluasi membaca teks Bahasa Inggris dan pada saat siswa memperagakan dialog terpilih di depan kelas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Abbot, Garry, John Greenwood, Douglas Mc Keating, and Peter Wingrad, The Teaching of English as an International Language.
  2. Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  3. Depdiknas. 2005. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Silabus. Jakarta.
  4. Dediknas. 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2004. Jakarta.
  5. Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
  6. Fachrurrazy. 2002. Teaching English as a Foreign Language.Malang : The State University of Malang.
  7. Larsen, Diane and Freeman. 1986. Techniques and Principles in Languange Teaching. England : Oxford University Press.