Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Materi Barisan dan Deret Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa materi barisan dan deret melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2018 melalui dua siklus dengan 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal meningkat berdasarkan beberapa indicator, diantaranya: (1) meningkatnya keterlaksanaan RPP dari 3.33 menjadi 3.73 pada siklus kedua, (2) hasil belajar belajar siswa menunjukkan peningkatan dari ketuntasan secara klasikal 79.41% menjadi 91.20% pada siklus kedua, (3) aktivitas siswa menunjukkan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa pada kedua siklus dengan prosentase keaktifan 87.50% menjadi 95.56% pada siklus kedua.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Abbas, Nurhayati. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Makalah Komprehensif Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Surabaya.
- Ali, Mohammad. (2007). Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press.
- Asma Nur. (2006). Model pembelajaran problem based learning. Jakarta: Depdiknas.
- Bundu Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
- Conny, R. Semiawan. dkk.(1998). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta:Gramedia.
- Davidson, N & Karoll, D.L. (1991). An Overview of Research on Cooperatif Learning Related to Mathematics. New York: Holt Rinehart and Winston.
- Gede Gunantara, I Made Suarjana, Putu Nanci Riastini. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Vol 2, No 1 (2014). e-ISSN : 2614-4735
- Idayati. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas IVMIN Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Islam Segeri Sunan Kalijaga.
- Lepinski., (2005), Problem Based Learning: A New Approach To Teaching, Training & Developing Employees. Cokie Lepinski, Assistant Communications Manager Marin County Sheriff’s Office.
- Vebriyanti Dwi Anggraini, Amat Mukhadis, Muladi. (2013). Problem based learning, motivasi belajar, kemampuan awal, dan hasil belajar siswa SMK. Vol 19, No 2 (2013). E-ISSN: 2442-8655
- Wardani. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4, No 1 (2014) ISSN: 2476-9401