Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fungsi Untuk Melalui Penerapan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bangsal

Jumadi Jumadi

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bangsal Kabupaten Mojokerto melalui penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) pada materi fungsi. Siklus perbaikan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2019 di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bangsal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan RPP dapat terlaksana dengan baik dan meningkat dari skor rerata 2.77 (baik) menjadi 3.31 (baik) pada siklus kedua (2) Aktivitas peserta didik berpusat pada peserta didik (student centered learning) dengan prosentase aktivitas 86.27% naik menjadi 93.62% pada siklus kedua, (3) Respon peserta didik setelah penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) menunjukkan respon positif, dan (4) Ketuntasan hasil belajar tercapai pada siklus kedua, meningkat dari 77.77% menjadi 91.66% pada siklus kedua.

Keywords


Hasil Belajar, Fungsi, TAI

Full Text:

PDF

References


Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123–133. Retrieved from https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414

Arikunto, Suharsimi, 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran MIPA. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Peserta didik untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya

Sani, Ridwan Abdul. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sardiman, AM. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Soedjadi. 2002. Upaya Pendidik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan RME, (online), Diakses 05 Oktober 2005

Sudjana, 1996. Model Statistik. Bandung: Tarsito

Sohimin, Arus. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikilum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Pendidik Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Pendidik Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2007. Jakarta: Depdiknas.


Article Metrics

Abstract has been read : 132 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats