Penerapan model peta konsep dengan media kartu kata untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana siswa kelas III SDN Munggut 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14062Keywords:
Model Peta konsep Media kartu kata, Pembelajaran Menulis, Kalimat SederhanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model peta konsep dan media kartu kata dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana, juga untuk menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan yang muncul pada  siswa kelas III SDN Bendo 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah informan, kejadian, dan dokumen, dengan teknik oengambilan data berupa wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Validitas penelitian ini dengan teknik metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berjalan cukup baik  dan para peserta didik sangat menikmati pembelajaran, dan mereka mengikuti pembelajaran dengan gembira. Dan hal ini menjadi kelebihan pembelajarn dengan model peta konsep dan kartu kata. Dan kekurangan dari pembelajaran yang dirasa para siswa adalah mereka kurang mampu dalam mengungkapkan ide dengan kalimat efektif yang menerapkan kosakata baku dan kaidah berbahasa Indonesia secara tertulis menjadi masalah yang muncul.
Downloads
References
Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: VRamaWidya.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Ermaneli. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Peta Konsep Bagi Siswa Kelas III SDN 44 Lubuk Anau Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia –JPGI Volome 3 Nomor 1 Print ISSN: 2541-3163 –Online ISSN: 2541-3317 halaman 70-77
Hamidah, Ida.(2013). Penerapan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana pada Tunarungu. Jurnal Jassi_Anakku Volume 12 Nomor 2 halama 133-141 Tahun 2013
Huda, Miftahkul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irene, dkk. (2018). Buku Penilaian BUPENA Jilid 3A. Jakarta: Penerbit Erlangga
Khasanah, Khuswatun.(2019).Peta Konsep sebagai Strategi meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal EduTrained Volume 3 Nomor 2 halaman 152-164 tahun 2019
Mumtaz, Fairuzul.(2019).Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru
Nidawati.(2013). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Piomir Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2013 halaman 13-28.
Nurgiantoro Burhan (2015). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: gajah Mada University Press.
Ratri, Rose Kusumaning.(2019). Cakap Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Sanaiyah. (2017). Meningkatkan Kemampuan menyusun Pola-pola Kalimat Sederhana melalui Penggunaan Media Kartu Kata Siswa kelas IV SD Negeri Baliara Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa Volume 6 No 2 Tahun 2017 halaman 65-69. e-ISSN 2252-9896
Santoso, Budi Hermawan dan Subagyo. (2017). Peningkatana Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMP Insan Cedekia Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vikasi Volume 5 Nomor 1 tahun 2017
Setia, Getmi Purnama.(2018). Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Kalimat Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Tema: Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21. Halaman 320-326. ISSN:2528-5564
Siswanto Wahyudi dan Ariani, Dewi. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama
Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Sujarweni, V Wiratna. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
Sugiono (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbitan Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Thobroni, Muhammada dan Mustofa, Arif. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Wulan, Neneng Sri.(2014). Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal: Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2 Oktober . halaman 176-184.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.