Pemanfaatan Akun Belajar.id Kemdikbud pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Suyati Nur Rahma Universitas PGRI Madiun
  • Bambang Eko Hari Cahyono Universitas PGRI Madiun
  • Sigit Ricahyono Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11900

Keywords:

Pemanfaatan Akun Belajar.id Kemdikbud, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran dengan memanfaatkan akun belajar.id Kemdibud pada pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid 19 pada siswa kelas 6 SDN Margomulyo 1 Ngawi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa, dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas 6, dan wali murid kelas 6. Peristiwa dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid 19. Dokumen penelitian ini adalah RPP, silabus, daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik metode triangggulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaana pembelajaran bahasa Indonesia kelas 6 SDN Margomulyo 1 Ngawi pada masa apandemi covid 19 dapat terlaksana dengan lancar. Pembelajaran lebih efektif, tidak terkendala ruang dan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assidiqia, M.H, Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa pandemi Covid-19, UNNES,

Buana, D.R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa,

Fitria, F., Listari, (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra,

Hadi, S. (2014). Penelitian Research. Yogyakarta: BPFE. Indonesia,

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara,

Huberman, M (2012). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia,

Kurniawansyah, A.S., Siswanto. (2020). Kolaborasi Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, dan Google Drive debagai Formula dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Media Infotama,

Rahmat, P.S. (2009). Penelitian Kualitatif, Equilibrium, 5(9): 1-8.

Rulam, A, (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM PREES

Sadikin, A., Hamidah, A., (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, Jurnal Imiah Pendidikan Biologi (BIODIK),

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W.B., Siswanto, Heryadi. T., Soleh, A.N. (2020). Model Project Based Learning Berbantu Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Eefektif Pada Surat Undangan, Metalingua,

Supandri. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Guru Belum Optimal Memanfaatkan Portal Rumah Belajar dalam Kegiatan Pembelajaran, Teknodik,

Ulum, B., Fantiro, F.A., Rifa’I, M.N. (2019). Pemanfaatan Google Apps Di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar, Lentera,

Wibowo, A.T., Akhlis, I., Nugroho, S.E.. (2014). Pengembangan LMS (Learning management Sistem) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa, Scientific Journal of Informatics,

Wicaksana, M.F., dan Meikayanti, E.A. (2014). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara di SMP dengan Mengangkat Kepopuleran Kepahlawanan Lokal, Widyabrasta,

Wulandari, A., Harjono, H.S., Budiyono, H. (2019). Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S-1 PBSI Universitas Jambi DIKBASTRA 2 (2):

Downloads

Published

2022-01-23

Issue

Section

Articles