Pemanfaatan Akun Belajar.id Kemdikbud pada Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11900Keywords:
Pemanfaatan Akun Belajar.id Kemdikbud, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran dengan memanfaatkan akun belajar.id Kemdibud pada pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid 19 pada siswa kelas 6 SDN Margomulyo 1 Ngawi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa, dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas 6, dan wali murid kelas 6. Peristiwa dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid 19. Dokumen penelitian ini adalah RPP, silabus, daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik metode triangggulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaana pembelajaran bahasa Indonesia kelas 6 SDN Margomulyo 1 Ngawi pada masa apandemi covid 19 dapat terlaksana dengan lancar. Pembelajaran lebih efektif, tidak terkendala ruang dan waktu.
Downloads
References
Assidiqia, M.H, Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa pandemi Covid-19, UNNES,
Buana, D.R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa,
Fitria, F., Listari, (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra,
Hadi, S. (2014). Penelitian Research. Yogyakarta: BPFE. Indonesia,
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara,
Huberman, M (2012). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia,
Kurniawansyah, A.S., Siswanto. (2020). Kolaborasi Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, dan Google Drive debagai Formula dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Media Infotama,
Rahmat, P.S. (2009). Penelitian Kualitatif, Equilibrium, 5(9): 1-8.
Rulam, A, (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM PREES
Sadikin, A., Hamidah, A., (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, Jurnal Imiah Pendidikan Biologi (BIODIK),
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W.B., Siswanto, Heryadi. T., Soleh, A.N. (2020). Model Project Based Learning Berbantu Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Eefektif Pada Surat Undangan, Metalingua,
Supandri. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Guru Belum Optimal Memanfaatkan Portal Rumah Belajar dalam Kegiatan Pembelajaran, Teknodik,
Ulum, B., Fantiro, F.A., Rifa’I, M.N. (2019). Pemanfaatan Google Apps Di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar, Lentera,
Wibowo, A.T., Akhlis, I., Nugroho, S.E.. (2014). Pengembangan LMS (Learning management Sistem) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa, Scientific Journal of Informatics,
Wicaksana, M.F., dan Meikayanti, E.A. (2014). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara di SMP dengan Mengangkat Kepopuleran Kepahlawanan Lokal, Widyabrasta,
Wulandari, A., Harjono, H.S., Budiyono, H. (2019). Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S-1 PBSI Universitas Jambi DIKBASTRA 2 (2):
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.