Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Video dalam Pembelajaran IPS guna meningkatkan HOTS Siswa Kelas VIIA SMPN 3 Sambit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan Video. Subyek penelitain adalah siswa kelas VIIA SMPN 3 Sambit, berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat fase: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan HOTS secara signifikan. Tingkat pencapaian pada pra-siklus adalah 52,85%, pada siklus I meningkat menjadi 63,31%, dan pada siklus II menjadi 79,46%. Penelitian ini membuktikan bahwa model discovery learning berbantuan Video merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan HOTS siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Sani R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart
Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara
Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri, diakses tanggal 9 Januari 2021
http://edutaka.blogspot.com/2015/03/model-pembelajaran-discovery-learning.html pada jam 19.41
Lestari E. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning di SD. Sleman: Deepublish
Permendikbud No.81A Tahun 2013)
Riduan, & Sunarto (2010). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis (cetakan ketiga) Bandung: CV. Alfabeta.
Suprijono A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris, Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya diakses tanggal 9 Januari 2021
http://edutaka.blogspot.com/2015/03/model-pembelajaran-discovery-learning.html pada jam 19.41
Zamroni & Mahfudz. (2009), Panduan Tehnis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thingking, Jakarta: Depdiknas
Basuki, Sudarmiani, Rifai. 2020. Improving Social Skill And Civics Learning Outcome Through Problem-Based Learning (Pbl) Assissted With Digital Literacy To The Xi Graders Of Titl Vocational High School Smk Gamaliel 1 Madiun. Diakses tanggal 14 Januari 2021 jam 13.51
file:///C:/Users/USER/Downloads/7565-20863-1-PB.pdf
Sudarmiani, Supri Wahyudi Utomo. 2018. Implementasi Pembelajaran Problem Solving Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 6. No. 1, Tahun 2018. Diakses tanggal 14 Januari 2021 Jam 14.05. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/5850/3523
Article Metrics
Abstract has been read : 885 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun
ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.