Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Rejomulyo 1
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
: Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kendala yang dihadapi dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mendukung Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejomulyo 1 menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Antasari, Indah Wijaya. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal, Vol.9, No.1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680
- Moleong, J. Lexi. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Naelasari, Desy. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Siswa di Smk Nusantara Jombang. Jurnal Ilmuna vol.2 no.2 September 2020
- Rahmawati. (2007). Model Pendeteksian Manajemen Laba pada Industri Perbankan Publik di Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Perbankan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, XVIII (1), hal. 23-34.
- Suwandi, S., (2019). Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Universitas Sebelas Maret. 1-20.
- Soleh, Dwi Rohman. (2016). Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Widyabastra 4(2) pp. 121-132.
- Soleh, Dwi Rohman. Herman J. Waluyo. Setya Yuwana Sudikan. Nugraheni Eko Wardani. (2017). Model Development of Drama Study Employing Local Art for Students Of LPTK. Prosiding Internasional FINALISET 1(3) pp. 19-28.
- Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Pp. 160-166.
- Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Yunus Abidin, dkk., 2017. Pembelajaran literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.