Model Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Di Masa Pandemi Covid-19

Sekreningsih Nita, Davit Adi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran online di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun. Metode yang digunakan pada jurnal ini dengan mengakses beberapa artikel dari world wide web yang dilakukan dengan teknik analisis data penyaringan (apply filter) oleh penulis. Beberapa artikel terkait dengan topik media pembelajaran mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Informatika dimasa pandemi covid-19, yang relevan dengan perangkat lunak komputer sebagai media pembelajaran. Pokok pembahasannya adalah software yang populer dimasa pandemi, khususnya yang digunakan dalam pembelajaran mahasiswa Teknik Informatika yaitu menggunakan beragam perangkat pembelajaran e-learning seperti zoom, googlemeet, google classroom, moodle serta hangout yang lebih mudah diterapkan dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang. Daring sebagai solusi terbaik untuk memberikan pembelajaran jarak jauh sehingga memudahkan bagi mahasiwa untuk tetap mendapatkan perkuliahan tanpa tatap muka. Berdasarkan penggunaan data pada zoom sebesar 540MB/jam, GMeet 500MB/jam. Sedangkan untuk pemanggilan video, zoom 1.08GB-1.62GB dan GMeet 2.25GB. Jadi pemakaian aplikasi yang paling diminati peserta daring adalah model pembelajaran dengan platform Zoom.

Keywords


Covid-19; E-learning; Google Meet; Zoom;

Full Text:

PDF

References


Yuliana, “Yuliana (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19) ; Sebuah Tinjauan Literatur.,” Wellness Heal. Mag., vol. 2, no. February, pp. 124–137, 2020, doi: 10.2307/j.ctvzxxb18.12.

U. Basyiruddin and Asnawir, Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Pers, 2002.

A. Nurul Ikhwan, “Penggunaan software dalam mpembelajaran kampus di sasa pandemi covid-19 : studi literatur,” 2020.

H. Prasetyo and Nurhayati, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Cai ( Computer – Assisted Instruction ) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Di Smkn 1 Nganjuk,” J. Pendidik. Tek. elektro, vol. 4, no. 1, pp. 103–108, 2015.

C. Kuatandi, B. Sutjipto, and R. Sikumbang, Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

R. N. Putri, “Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, p. 705, 2020, doi: 10.33087/jiubj.v20i2.1010.

A. Pranoto, Sains dan teknologi. Jakarta: PT Gramedia Utama, 2009.

S. Dahiya, S. Jaggi, K. K. Chaturvedi, A. Bhardwaj, R. C. Goyal, and C. Varghese, “An eLearning System for Agricultural Education,” Indian Res. J. Ext. Edu, vol. 12, no. 3, pp. 132–135, 2012.

M. Allen, Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons, 2013.

H. Ardiansyah, “PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK: Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran ,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

D. Haqien and A. A. Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.30998/sap.v5i1.6511.

D. Sutrisna, “Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom,” FON J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 13, no. 2, pp. 69–78, 2018, doi: 10.25134/fjpbsi.v13i2.1544.

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2018, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/2451/pdf.

R. S. Al-Maroof, S. A. Salloum, A. E. Hassanien, and K. Shaalan, “Fear from COVID-19 and technology adoption: the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic,” Interact. Learn. Environ., vol. 0, no. 0, pp. 1–16, 2020, doi: 10.1080/10494820.2020.1830121.

W. Rice and S. S. Nash, Moodle 1.9 Teaching Techniques. Birmingham: PACKT, 2010.

J. He and X. Huang, “Collaborative Online Teamwork: Exploring Students’ Satisfaction and Attitudes with Google Hangouts as a Supplementary Communication Tool,” J. Res. Technol. Educ., vol. 49, no. 3–4, pp. 149–160, 2017, doi: 10.1080/15391523.2017.1327334.


Article Metrics

Abstract has been read : 512 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v4i2.7307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.