PEMANFAATAN APLIKASI CAMTASIA UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA

Yanti Febrianti, Yayat Ruhiat, Sholeh Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi siswa kelas VIII dengan menggunakan aplikasi Camtasia di SMP Negeri 1 Karangtanjung. Tim peneliti tahun ini terdiri dari 40 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangtanjung, yang terdiri dari 20 siswa Putra dan 20 siswa Putri. Prosedur penelitian tindakan kelas dibagi menjadi dua bagian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangtanjung, dengan rata-rata nilai 71,25 dan ketuntase 30%, serta rata-rata nilai 81,50. dan ketuntase 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keefektifan aplikasi Camtasia untuk pembelajaran siswa semakin meningkat.


Keywords


microsoft office word; aplikasi camtasia; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, A. K. (2013). Menggunakan Camtasia Studio 6 (pp. 1–16). IKIP Bojonegoro.

Azhariadi, Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Daerah Terpencil. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 121, 78–88. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Dr. Anda Juanda, M. P. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. deepublish. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Febrianto, A., Shalikhah, N. D., & Pranowo, T. A. (2021). Membuat Video Pembelajaran Berbasis Screen Recorder dan Video Editor Menggunakan Camtasia.

Hakim, I. C., Timan, S., & Siswanto, B. (2017). Pemanfaatan Video Tutorial Dengan Camtasia Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas X Tgb B Di Smk Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 1(2). https://doi.org/10.20961/ijcee.v1i2.18242

Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786

Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Addie. 2(1), 121–130. http://javit.ppj.unp.ac.id

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah Sistem Informasi Geografi (Sig). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13040

Rasyid Hardi Wirasasmita, Y. K. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash, 1, 35–43.

Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Siregar, E. (2020). Landasan Teknologi Pendidikan.

Sugiyem, S., Asiatun, K., Widarwati, S., & ... (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Pada Mata Kuliah Komputer Disain. … Pendidikan Teknik Boga …. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44563


Article Metrics

Abstract has been read : 239 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.17351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118