PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Tasya Dian Muliana, Fida Chasanatun, Apri Kartikasari HS

Abstract


Siswa kesulitan belajar matematika karena konsep materi pembelajaran Matematika belum bisa dipahami murid. Tujuan dilakukan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung materi operasi hitung pecahan (penjumlahan berpenyebut berbeda) dapat meningkat atau tidak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Taman dengan subjek penelitian siswa kelas V C berjumlah 7 siswa yang memiliki kemampuan menghitung rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran realistic mathematics education dapat membantu meningkatkan kemampuan menghitung siswa. Hal tersebut dibuktikan dari meningkatkan kemampuan menghitung siswa dari kondisi pra siklus yang hanya menunjukkan bahwa 71% siswa memiliki kemampuan menghitung, kemudian pada siklus I menunjukkan 81%, dan pada siklus II menunjukkan bahwa 87% siswa memiliki kemampuan menghitung

Keywords


Kemampuan Menghitung; Realistic Mathematics Education;

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.2102

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 945–957. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Amelia, S. (2020). PENTINGNYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MEMBANGUN POLA PIKIR KREATIF SISWA. In S. L. D. Pramesi (Ed.), CATATAN DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA (1st ed., p. 294). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/CATATAN_DASAR_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/xcALEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran matematika penting&pg=PA43&printsec=frontcover

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2018). PTK: Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik (S. Suyantoro (ed.); I). ANDI Yogyakarta.

Ariani, Y., Helsaa, Y., & Ahmad, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar (G. D. Ayu (ed.); 1st ed.). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pembelajaran_Inovatif_Untuk_Pembel/2IMaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA1&printsec=frontcover

Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667

Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas (V). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Suparmin, Nuraini, S., & Kurniawati. (2017). Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas V (P. Estikarini (ed.); 1st ed.). CV. Mediatama.

Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.2102

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 945–957. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Amelia, S. (2020). PENTINGNYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MEMBANGUN POLA PIKIR KREATIF SISWA. In S. L. D. Pramesi (Ed.), CATATAN DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA (1st ed., p. 294). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/CATATAN_DASAR_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/xcALEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran matematika penting&pg=PA43&printsec=frontcover

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2018). PTK: Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik (S. Suyantoro (ed.); I). ANDI Yogyakarta.

Ariani, Y., Helsaa, Y., & Ahmad, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar (G. D. Ayu (ed.); 1st ed.). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pembelajaran_Inovatif_Untuk_Pembel/2IMaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA1&printsec=frontcover

Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667

Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas (V). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Suparmin, Nuraini, S., & Kurniawati. (2017). Buku Siswa Matematika untuk SD/MI Kelas V (P. Estikarini (ed.); 1st ed.). Surakarta: CV. Mediatama.


Article Metrics

Abstract has been read : 149 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.17175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118