KONSTRUKSI MATERI DAN PRAKSIS PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL G-30-S/PKI ERA POST TRUTH

Yudi Hartono, Khoirul Huda, Rani Lily Arseat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengungkap kontruksi materi, praksis pembelajaran, dan reproduksi pengetahuan sejarah kontroversial G-30-S/PKI, serta pertautan dengan konteks di luarnya, yaitu situasi masyarakat Indonesia pasca Reformasi dan fenomena era post truth. Metode penelitian kualitatif ekslporatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data divalidasi dengan triangulasi sumber. Analisis data dengan analisis wacana kritis dari Fairclough. Hasil penelitian menemukan bahwa konstruksi materi G-30-S/PKI merepresentasikan situasi masyarakat Indonesia pasca Reformasi yang ditandai dengan dimasukannya berbagai versi serta digunakannya istilah G 30 S dan G-30-S/PKI sekaligus, namun dalam praksis pembelajaran dan reproduksi pengetahuan di masyarakat masih didominasi satu versi yang ditandai dengan penggunaan media film G-30-S/PKI dan sumber pengetahuan lain dalam versi yang sama. Terdapat pertautan antara wacana (teks/materi), praksis pembelajaran, dan reproduksi pengetahuan sejarah kontroversial Gerakan 30 September 1965 dengan konteks masyarakat Indonesia pasca Reformasi yang secara umum masih menyimpan memori traumatik tentang komunisme, faktor kebijakan pemerintah terhadap pendidikan sejarah, serta fenomena era post truth.

 

Abstract

This study aims to reveal the construction of materials, learning praxis, and reproduction of the controversial historical knowledge of the G-30-S/PKI, as well as the relationship with the context outside, namely the situation of post-Reformation Indonesian society and the phenomenon of the post-truth era. Explorative qualitative research method. Collecting data by interview, observation, and study documentation. Data were validated by triangulation of sources. Data analysis with critical discourse analysis from Fairclough. The results of the study found that the material construction of the G-30-S/PKI represented the situation of Indonesian society after the Reformation, which was marked by the inclusion of various versions and the use of the terms G 30S and G-30-S/PKI at once, but in the practice of learning and reproducing knowledge in society. still dominated by one version which is marked by the use of the G-30-S/PKI film media and other sources of knowledge in the same version. There is a link between discourse (text/material), learning praxis, and reproduction of controversial historical knowledge of the 30 September 1965 Movement with the context of post-Reformation Indonesian society, which in general still retains traumatic memories of communism, government policy factors for historical education, and the phenomenon of the post-truth era. .


Keywords


Kontruksi Materi, Praksis Pembelajaran, Sejarah Kontroversial, Post Truth; Material Construction; Learning Practice; Controversial History; Post Truth

Full Text:

PDF

References


Abdurakhman, Pradono, A., Sunarti, L., & Zuhdi, S. (2018). Sejarah Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adam, A. W. (2009). Kontroversi: Proses dan Implikasi Bagi Pengajaran Sejarah (National Seminar, May 28, 2009 at Sebelas Maret University of Surakarta).

Aquarta, M., S. (2014). Pengaruh Peristiwa Gerakan 30 September 1965 Terhadap Kondisi Sosio psikologis Masyarakat Kelurahan Wungu Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun 1965-1998. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 4(2), 97–112. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v4i02.830

Arta, K. S. (2011). Kurikulum dan kontroversi buku teks sejarah dalam KTSP. Media Komunikasi FIS, 11(1), 154–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v11i2.459.

Fairclough, N. (2003). Analysing Discourse: Textual Analysing for Sosial Research. London: Routledge.

Haryatmoko. (2017). Ketika Emosi Dominasi Politik. Kompas.Id. https://kompas.id/baca/opini/2017/11/15/ketika-emosi-dominasi-politik/

Ikhwan, H., Yulianto, V.I., & Parahita, G. . (2019). The Contestation of Social Memory in the New Media: A Case Study of the 1965 Killings in Indonesia. Austrian Journal of South-East Asian Studies, 12(1), 3–16. https://doi.org/doi 10.14764/10.ASEAS-0010

Krisnadi, I. G. (2006). Kontroversi Seputar G 30 S 1965 (Sosialization of History Curriculum G 30 S at Hall of Education and Culture Service, Central Java, 7 December).

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Yayasan Bentang Budaya.

Purwanta, H. (2012). Evaluasi Isi Buku Teks Pelajaran Sejarah Pada Masa Orde Baru. Cakrawala Pendidikan, XXXI(3), 424–440. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1551

Suparjan, E. (2016). Peristiwa G 30 S sebagai Isu Kontroversial pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1), 38–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.

Syahmani. (2013). Model Group Investigation dan Induktif sebagai Alternatif Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Siswa. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 4(1), 59–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v4i1.1381.

Widiadi, A.N., Wahyudi, & Ahmad, T. A. (2013). Pendidikan Sejarah, Suatu Keharusan Reformulasi Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 917 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.13970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118