OPTIMALISASI PIPA BAJA DENGAN MENGGUNAKAN PERAMALAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DI PT. ANGKASA RAYA STEEL

Sofiya Nurriyanti

Abstract


PT. Angkasa Raya Steel adalah perusahaan manufaktur yang bergerak pada industri pembuatan pipa baja. Pipa baja yang diproduksi oleh perusahaan langsung dijual ke pada supliyer-supliyer terpercaya. Dalam produksinya perusahaan menghasilkan empat jenis pipa baja. Bahan baku juga langsung di datangkan dari supplier PT. Java Pasifik dan PT. Inti Sumber. Bahan baku pipa baja yang digunakan oleh PT. Angkasa Raya Steel bernama Coil. Namun seringkali, perusahaan mengalami kekurangan stok bahan baku dan perusahaan tidak memiliki safety stock. Kurangnya stock persediaan dari gudang mengakibatkan perusahaan tidak dapat melakukan produksi sehingga mengalami kelambatan dalam mengirim produk jadi ke konsumen. Oleh karena itu, dengan adanya permintaan produk dari costumer perusahaan memerlukan pengendalian persediaan bahan baku, agar persediaan bahan baku dan permintaan produk dari costumer stabil. Salah satu metode yang digunakan untuk pengendalian persediaan bahan baku adalah metode “Economic Order Quantity” (EOQ). September 2018 metode exponential smoothing 3 bulan dipilih sebagai acuan dalam persediaan bahan baku dikarenakan mempunyai nilai error terkecil dengan nilai 406164757,13. Berdasarkan hasil pengendalian persediaan dengan metode EOQ dapat diketahui dengan menggunaan metode EOQ, jika PT. Angkasaaya Steel menggunakan metode EOQ dapat menghemat biaya sebesar Rp 31.261.22.955.000 per Tahun.

Keywords


Forecasting, EOQ, Pengendalian, Persediaan

Full Text:

PDF

References


J. Heizer and B. Render, Operations Management. Jakarta: Salemba empat, 2011.

A. Taufiq and A. Slamet, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Salsa Bakery Jepara,” Manag. Anal. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2014.

M. M. Hanafi, Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPPE, 2004.

E. H. A. Fajrin and A. Slamet, “Analisis Pengendalian Pesediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Perusahaan Roti Bonansa,” Manag. Anal. J., vol. 5, no. 4, pp. 289–298, 2016.

J. Heizer and R. Barry, Operations Management. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

S. Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008.

E. Ostertagova and O. Ostertag, “Forecsting Using Simple Exponential Smoothing Method,” J. Compil. Acta Electrotech. Inform., vol. 3, 12AD.


Article Metrics

Abstract has been read : 711 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v2i1.5167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats