DESAIN PEKERJAAN PADA INDUSTRI SEPATU MAGETAN DENGAN METODE MOST DAN SIMULASI MANUFAKTUR

Aloysius Tommy Hendrawan, Lilis Karlina Riyadi

Abstract


Magetan adalah sebuah kota terkenal di Jawa Timur yang merupakan perintis industri sepatu dan pada saat ini tengah mengalami kesulitan dalam upaya mengajarkan generasi muda di kota tersebut untuk mencintai dan melanjutkan industri sepatu yang menjadi ikon kota ini. Kebanyakan dari anak-anak muda ini setelah mereka lulus sekolah akan cenderung memilih bekerja di luar kota daripada memilih memiliki usaha sendiri dalam bidang kerajinan kulit. Faktor penyebabnya adalah pola pikir, tradisi, ekonomi, motivasi dan minat. Di samping itu, ada peluang pekerjaan lain yang lebih baik, lebih menjanjikan dan lebih prestise. Riset ini adalah sebuah usaha untuk mendisain ulang proses pembuatan sepatu yang efektif dan efisien pada industri sepatu di Magetan sehingga diperoleh standarisasi pekerjaan. Metode yang dipakai dalam riset ini adalah dengan meneliti sampel instrumen pekerjaan pembuatan sepatu pada beberapa industri sepatu di Kota Magetan, menotasikan rangkaian elemen pekerjaan tersebut dengan dengan indeks MOST (Maynard Operation Sequence Technique) dan mengujinya lewat simulasi. Dengan adanya standarisasi proses pembuatan sepatu, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, alat yang digunakan, stasiun kerja dan output optimal yang dihasilkan, maka akan memudahkan bagi siapapun, termasuk anak-anak muda di kota Magetan untuk belajar dan meminati industri sepatu sebagai pilihan pekerjaan mereka.


Keywords


Desain Pekerjaan; MOST; Industri Sepatu; Simulasi

Full Text:

PDF

References


Apple, J. M., “PLANT LAYOUT AND MATERIAL HANDLING,” The Macmillian Company, New York, 1962.

Hendrawan, A.T., “PEMODELAN SIMULASI DAN OPTIMASI PROMODEL,” Jurnal Widya Warta Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 2004.

Hendrawan, A.T., “PENGUKURAN PERFORMANSI PENGEMBANGAN PRODUK SEPATU, STUDI KASUS INDUSTRI SEPATU DI MAGETAN JAWA TIMUR,” Prosiding Seminar Nasional Collaborative Product Design – Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta, 2005.

Hendrawan, A.T., “SIMULASI MANUFAKTURING PROYEK BOGIE CONTAINER FLAT THAILAND DI PT. INKA (PERSERO) MADIUN,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Simulasi II – Universitas Gajah Mada Yogyakarta. 2006.

Hu, A., Y. and San., Z. W., “VERIFYING AND VALIDATING A SIMULATION MODEL,” Proceeding Of The 1997 Winter Simulation Conference, 2001.

Niebel, B. W., and Freivald, A., “METHODS, STANDARDS, AND WORK DESIGN,” McGraw-Hill Book Company, New York, 1999.

Price, R. N., and Harrell, C. R., “SIMULATION MODELLING AND OPTIMIZATION USING PROMODEL,” Proceeding Of The 1997 Winter Simulation Conference, 1999.

Sadowski, D. A., and Grabau, M. R., “TIPS FOR SUCCESFUL PRACTISE OF SIMULATION.” Proceedings Of The 2000 Winter Simulation Conference, 2000.

Sutalaksana, I., Anggawisastra., and Tjakraatmadja, “TEKNIK TATA CARA KERJA,” Institut Teknologi Bandung, 1992.

Zandin, K. B., “MOST WORK MEASUREMENT SYSTEMS,” Marcel Dekker Inc, New York, 1972.


Article Metrics

Abstract has been read : 1030 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v1i1.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats