Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Sulistyaning Kartikawati Universitas PGRI Madiun
  • Hendrik Pratama Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1797

Keywords:

WhatsApp Messenger, Mobile Learning, Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode Group Investigation (GI) dengan WhatsApp Messenger sebagai mobile learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian eksperimental menggunakan desain control group pretest­posttest. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingyang terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan 17 peserta didik sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen dengan perlakuan metode pembelajara Group Investigation terintegrasi media sosial WhatsApp Messenger sedangkan kelompok kontrol dengan perlakuan pembelajaran secara tatap muka biasa tanpa integrasi media sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes.Peneliti menggunakan t-test untuk membandingkan kelompok kontrol dan eksperimen yang ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kritis pada tingkat alpha 0,05. Hasil pada aspek kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Desain pembelajaran yang dirancang meliputi tahap start, grouping, planning, presenting, organizing, investigating, evaluating, ending. Proses investigasi dalam kelompok melatih peserta didik untuk berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendrik P., Nunus W. 2016. Pengaruh Penggunaan Macromedia Sebagai Media Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Instalasi Video Game Di SMK Gamaliel 1 Madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1 (1), 35-40.

Lillian, B. 2012. Scaffolding Teachers Integrate Social Media Into a Problem-Based Learning Approach. The Electronic Journal of e-Learning, 10 (1), 13-22.

Slavin, R. E. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Winda, Miraningsih, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Asam Basa Kelas Xi Mia Sman 2 Magetan. UNESA Journal of Chemical Education, 4 (2), 281-287

Downloads

Published

30-10-2017

Issue

Section

Articles