Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1797Keywords:
WhatsApp Messenger, Mobile Learning, Group Investigation, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode Group Investigation (GI) dengan WhatsApp Messenger sebagai mobile learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental menggunakan desain control group pretestÂposttest. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingyang terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan 17 peserta didik sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen dengan perlakuan metode pembelajara Group Investigation terintegrasi media sosial WhatsApp Messenger sedangkan kelompok kontrol dengan perlakuan pembelajaran secara tatap muka biasa tanpa integrasi media sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes.Peneliti menggunakan t-test untuk membandingkan kelompok kontrol dan eksperimen yang ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kritis pada tingkat alpha 0,05. Hasil pada aspek kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Desain pembelajaran yang dirancang meliputi tahap start, grouping, planning, presenting, organizing, investigating, evaluating, ending. Proses investigasi dalam kelompok melatih peserta didik untuk berpikir kritis
Downloads
References
Hendrik P., Nunus W. 2016. Pengaruh Penggunaan Macromedia Sebagai Media Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Instalasi Video Game Di SMK Gamaliel 1 Madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1 (1), 35-40.
Lillian, B. 2012. Scaffolding Teachers Integrate Social Media Into a Problem-Based Learning Approach. The Electronic Journal of e-Learning, 10 (1), 13-22.
Slavin, R. E. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Winda, Miraningsih, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Asam Basa Kelas Xi Mia Sman 2 Magetan. UNESA Journal of Chemical Education, 4 (2), 281-287
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.