Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode Group Investigation (GI) dengan WhatsApp Messenger sebagai mobile learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental menggunakan desain control group pretestposttest. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingyang terdiri dari 17 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan 17 peserta didik sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen dengan perlakuan metode pembelajara Group Investigation terintegrasi media sosial WhatsApp Messenger sedangkan kelompok kontrol dengan perlakuan pembelajaran secara tatap muka biasa tanpa integrasi media sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes.Peneliti menggunakan t-test untuk membandingkan kelompok kontrol dan eksperimen yang ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kritis pada tingkat alpha 0,05. Hasil pada aspek kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Desain pembelajaran yang dirancang meliputi tahap start, grouping, planning, presenting, organizing, investigating, evaluating, ending. Proses investigasi dalam kelompok melatih peserta didik untuk berpikir kritis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hendrik P., Nunus W. 2016. Pengaruh Penggunaan Macromedia Sebagai Media Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Instalasi Video Game Di SMK Gamaliel 1 Madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1 (1), 35-40.
Lillian, B. 2012. Scaffolding Teachers Integrate Social Media Into a Problem-Based Learning Approach. The Electronic Journal of e-Learning, 10 (1), 13-22.
Slavin, R. E. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Winda, Miraningsih, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Asam Basa Kelas Xi Mia Sman 2 Magetan. UNESA Journal of Chemical Education, 4 (2), 281-287
Article Metrics
Abstract has been read : 8189 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :