Penggunaan Media e-Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Hubungan Kuat Medan Magnetik dengan Trainer Motor Listrik

Ihtiari Prastyaningrum, Jeffry Handhika

Abstract


Media e-Modul berbasis smartphone merupakan salah satu jenis modul yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Pada penelitian ini telah dikembangkan media e-Modul untuk mata kuliah Teori Medan. Fokus yang diambil adalah materi Hukum Biot-Savart. Hukum Biot-Savart merupakan salah satu dasar untuk mempelajari tentang kuat medan magnetik. Dengan adanya e-Modul ini diharapkan nantinya mahasiswa dapat menghitung secara tepat besar dari medan magnetik dan menghubungkan kuat medan tersebut dengan perangkat elektronika Motor Listrik.

Keywords


: e-Modul, medan elektromagnetik, motor listrik

Full Text:

PDF

References


Kurniadi. 2008. Mengurangi Miskonsepsi Dinamika Dengan Konflik Kognitif Melalui Metode

Demonstrasi. Jurnal Pendidikan IKIP PGRI Madiun Vol.14, No.1 Juni 2008.

Handhika et al. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Konflik Kodnitif untuk Mengurangi Dugaan Miskonsepsi pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 4 No. 2.

Aydin G. & Balim A. G. 2010. The Activities Based on Conceptual Change Strategies Prepared by Science Teacher Candidates. Western Anatolia of Education Sciences (WAJES), Dokuz Eylul University Institute, Izmir, Turket ISSN 1308-8971.

Clement J., Brown E. D., & Zietsman A. 1989. Not All preconceptions are Misconceptions:

finding ‘anchoring conceptions’ for grounding instruction on students’ intuitions. Int. J. Sci. EDUC., vol 11, special issue,554-565.

T. Charitat and F. Graner. 2003. About the Magnetic Field of a Finite Wire. European Journal of Physics. 24 (2003) 267-270.

Herman A. Haus and James L. Melscher. 1998 Electromagnetic Field and Energy.

Massachusetts Institute of Technology.

Rustam Efendi et al. 2007. Medan Elektromagnetika Terapan. Jakarta: Erlangga.

I. Prastyaningrum & S. Kartikaningsih. 2016. Approximate theory the Electromagnetic Energy of Solenoid in Special Relativity. J. Phys.: Conf. Ser. 795 012034.

Branca, N. A. “Problem solving as a goal, process, and basic skill” dalam Krulik, S. &

Reys, R. E. (editor). 1980. Problem-solving in school mathematics. New York:

The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.


Article Metrics

Abstract has been read : 2328 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :