PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENDALI KECEPATAN DAN SOFT STARTING MOTOR LISTRIK BERBASIS ARDUINO PADA MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR

Cahya Alim Wijaya, Jeffry Handhika, Sulistyaning Kartikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimengetahui tingkat kelayakan trainer pengendali kecepatan dan soft starting motor listrik sebagai media pembelajaran. Dalam pembelajaran mata kuliah penggunaan dan pengaturan motor kurang adaya kolaborasi penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran dan minat belajar mahasiswa menjadi kurang.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE yang meliputi: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Subyek penelitian adalah satu kelas mahasiswa semester 6 yang berjumlah 13 orang dan obyek penelitian adalah media pembelajaran pengendali kecepatan dan soft starting motor listrik. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan lima pilihan jawaban untuk ahli media dan mahasiswa. Media pembelajaran ini divalidasi oleh 2 ahli media pembelajaran.

Berdasarkan hasil unjuk kerja dari trainer diketahui bahwa rangkaian yang ada dapat bekerja dengan baik. Sedangkan hasil kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media mendapatkan skor persentase 83,22% dan dikategorikan “sangat layak”. Uji pemakaian dinilai berdasarkan angket yang di isi oleh 13 orang mahasiswa dan hasil dari uji pemakaian ini mendapatkan skor 82,10% dan dikategorikan “sangat layak”.

Keywords


Media Pembelajaran, Motor Listrik, Arduino

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Riduwan & Sunarto. 2015. Statistikan Untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) 24-30. (http//journal.unnes.ac.id, diunduh 25 juli 2017)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract has been read : 2159 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :