PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING YANG INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN DI PERGURUAN ISLAM MIFTAHUL HUSNA
DOI:
https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.9423Keywords:
COVID-19, Online learning, Learning Media, Daring, Media PembelajaranAbstract
Abstract. The pandemic of COVID-19 that has engulfed the whole world lately has become an unusual challenge. It grow the new habits to social distancing, including to working and studying from home. The teaching and learning process is carried out from home by all the teachers and students without exception. Learning from home is known as online. One of the schools in Medan that uses an online system is Perguruan Islam Miftahul Husna. At this school, there were many complaints from teachers and students when doing online learning which was considered boring because of reduced interaction between teacher and student. Learning media is needed to make learning process interactive and interesting. The media that was chosen must be media that keep students interested in learning and can be easily done by teachers. Kahoot application was chosen because can be used in any subject, provides benefits to students where they can be helped in recalling the material, making them more excited, not feeling bored and being able to participate actively in doing the exercises. This game raises competition and challenged them to be the best in class. With this increased interest and motivation, teachers can make Kahoot an alternative for online learning
Â
Abstrak. Pandemi COVID-19 yang terjadi melanda seluruh dunia menjadi tantangan yang tidak biasa. Keadaan ini menumbuhkan kebiasaan baru untuk sosial distancing termasuk membiasakan diri untuk bekerja dan belajar dari rumah. Proses belajar mengajar dilakukan dari rumah baik oleh guru dan siswa tanpa terkecuali. Pembelajaran dari rumah ini dikenal dengan istilah daring. Salah satu sekolah dikota Medan yang menggunakan sistem daring adalah Perguruan Islam Miftahul Husna. Di sekolah tersebut banyak didapati keluhan dari guru maupun siswa saat melakukan pembelajaran daring yang dianggap membosankan karena berkurangnya interaksi antara guru dan murid. Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membuat proses pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan. Media yang dipilih dalam pembelajaran daring haruslah media yang membuat para siswa tertarik belajar dan juga yang dapat dengan mudah dilakukan oleh para guru tentunya. Media Kahoot dipilih karena dapat digunakan dalam mata pelajaran apapun dan memberikan manfaat kepada siswa dimana dapat membantu dalam mengingat kembali materi belajar, membuat mereka lebih bersemangat, merasa senang, tidak merasa bosan dan dapat berpartisipasi dengan aktif dalam mengerjakan latihan-latihan. Game ini memunculkan kompetisi diantara para siswa sehingga mereka tertantang untuk menjadi yang terbaik di kelas. Dengan peningkatan minat dan motivasi ini, maka guru-guru dapat menjadikan Kahoot menjadi salah satu alternatif pembelajaran saat daring.
Â
Downloads
References
Allen, Michael. (2013) Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Willey & Sons
Ardiansyah, I. (2013) Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/
Fitriyani, Y., Fauzi, I., Sari, M. Z. (2020) Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6 (2) : 165-175. Doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Jamaluddin, D. Et al. (2020) Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran: Antasari Press. Ash-Shaff
Marbun, P (2020). Disain Pembelajaran Online Pada Era dan Pasca Covid-19. CSRID Journal 12 (2) : 129-142. Doi: 10.22303/csrid.12.2.2020.129-142
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8 (2) : 19-35. Doi: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan EDMODO. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 2 (2) : 139-147
Rigianti, H. A. (2020) Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7 (2): 297-302
Setiawan, P. (2020) Pengertian E-learning Menurut Para Ahli Karakteristik E-Learning Manfaat E-Learning
Simbolon, G., Elnovreny, J. (2020). Improving Citizen’s Life Skill Learning by Tenun Training. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 8 (2) : 171-175. Doi: 10.24036/kolokium-pls.v8i2.402
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Jurnal Terapan Abdimas Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Jurnal Terapan Abdimas.
Jurnal Terapan Abdimas has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â